Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Penumpang Malaysia Airlines Serbu Kedubes Malaysia di Beijing

Kompas.com - 25/03/2014, 20:00 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Keluarga penumpang pesawat Malaysia Airlines MH370 yang marah bentrok dengan polisi di luar gedung kedutaan besar Malaysia di ibu kota China, Beijing, Selasa (24/3/2014).

Pihak keluarga mengeluarkan pernyataan berisi tuduhan bahwa Pemerintah Malaysia berusaha "menunda, memutar balik, dan menutupi kebenaran."

Beberapa orang kemudian meninggalkan hotel mereka di Beijing untuk melakukan protes di kedubes Malaysia, membawa spanduk yang mendesak Kuala Lumpur untuk jujur kepada keluarga korban.

Polisi menghentikan bus yang mereka gunakan sebelum mencapai kantor kedubes Malaysia, sehingga mereka harus berjalan kaki.

Pengunjuk rasa kemudian melempar botol air ke gedung kedubes dan secara paksa berusaha masuk serta menuntut bertemu duta besar.

Polisi menjaga ketat kedutaan dan terjadi bentrok singkat antara polisi dan keluarga penumpang yang berusaha mendekati wartawan, lapor kantor berita AP.

Peristiwa ini terjadi setelah Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengatakan, analisis data satelit terbaru memperlihatkan pesawat mengakhiri perjalanan di daerah terpencil di arah barat Australia. China meminta data yang menjadi dasar kesimpulan tersebut. 

Sementara iu, pencarian pesawat MH370 yang hilang dihentikan sementara karena cuaca buruk. Pencarian yang dilakukan beberapa negara itu kini dipusatkan di perairan yang berjarak sekitar 2.500 kilometer barat daya kota Perth, Australia.

Pesawat Boeing 777-200 Malaysia Airlines dengan kode penerbangan MH370 hilang dari radar pada 8 Maret setelah lepas landas dari Kuala Lumpur menuju Beijing dengan membawa 239 orang, termasuk 153 warga China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com