Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusakan Mobil Warga Palestina untuk Ganggu Kerukunan

Kompas.com - 24/03/2014, 17:38 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Perusakan 34 mobil milik warga Palestina di Beit Hanina, Jerusalem Timur merupakan bentuk tindakan vandalisme yang mengganggu kerukunan antarwarga di kawasan itu. Hussam, seorang warga di Beit Hanina mengungkapkan hal tersebut menyikapi aksi pengempisan 34 ban mobil milik warga Palestina sebagaimana warta AP  pada Senin (24/3/2014).

Tak cuma itu, vandalisme lain juga terlihat dalam aksi yang diduga dilakukan kelompok ekstrem kanan Yahudi. Pelaku juga mencoretkan kata-kata dalam aksara Yahudi yang artinya "Bangkitlah Yahudi" atau "Lawan Arab" pada kendaraan bahkan tembok rumah milik warga Palestina. Tindakan coret-coret itu istilahnya Price Tag.

Catatan pihak berwajib menunjukkan kalau sudah dua kali aksi vandalisme terjadi di Beit Hanina. Pada 21 Juni 2013, aksi ini juga terjadi.

Aksi vandalisme dan kekerasan terhadap warga Palestina ternyata menjadi catatan PBB pula. Jumlahnya naik nyaris empat kali lipat sepanjang delapan tahun silam. Setahun silam, ada 399 aksi semacam itu. Sementara, tindakan hukum untuk menangani jumlah kejadian pada 2013 itu cuma 8,5 persennya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com