Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seekor Anjing Dijual Rp 22 Miliar di China

Kompas.com - 19/03/2014, 14:20 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Seekor anjing mastiff tibet dijual seharga 12 juta yuan (atau hampir Rp 22 miliar) di China, kata sebuah laporan, Rabu (19/3/2014). Ini bisa menjadi transaksi termahal untuk penjualan seekor anjing.

Seorang pengembang properti membayar 12 juta yuan untuk seekor anjing mastiff berwarna emas berusia satu tahun di sebuah pameran "hewan peliharaan mewah" di Provinsi Zhejiang, China Timur, Selasa (18/3/2014), lapor harian Qianjiang Evening News. "Mereka berdarah (keturunan) singa dan merupakan yang terbaik dari jenis mastiff," kata peternak anjing, Zhang Gengyun, seperti dikutip harian tersebut.

Zhang menambahkan, seekor anjing lain yang berbulu merah telah terjual seharga 6 juta yuan.

Anjing mastiff tibet yang besar dan kadang-kadang ganas dengan surai bundar membuatnya mirip dengan singa. Anjing jenis itu telah menjadi simbol status di kalangan orang kaya China, dan telah membuat harganya meroket.

Menurut Zhang, anjing berbulu emas itu tingginya 80 cm dan beratnya 90 kilogram. Zhang menambahkan, dia sedih telah menjual anjing tersebut.

Nama pembelinya tidak disebutkan dalam laporan itu. "Anjing mastiff tibet yang murni sangat langka sehingga harganya sangat tinggi," katanya.

Seekor anjing mastiff merah bernama "Big Splash" dikabarkan telah dijual seharga 10 juta yuan pada tahun 2011. Saat itu, penjualan tersebut menjadi yang termahal.

Menurut laporan itu, pembeli dalam pameran tersebut adalah seorang pengembang properti berusia 56 tahun dari Qingdao. Ia disebut ingin mengembangbiakkannya sendiri.

Harian Qianjiang Evening News mengutip pemilik situs pembiakan mastiff itu yang mengatakan bahwa tahun lalu seekor anjing terjual seharga 27 juta yuan di sebuah pameran di Beijing. Namun, orang dalam di industri itu, yang bermarga Xu, mengatakan kepada harian tersebut bahwa harga yang tinggi mungkin merupakan hasil kesepakatan dengan orang dalam di pembiakan demi meningkatkan nilai jual anjing mereka.

"Banyak kesepakatan, dengan harga setinggi langit, terjadi di antara peternak hanya untuk sensasi. Tidak ada uang yang benar-benar berpindah tangan," kata Xu.

Para pemilik mengatakan, anjing mastiff, turunan dari anjing yang digunakan untuk berburu oleh suku-suku nomaden di Asia Tengah dan Tibet, sangat setia dan protektif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com