Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Mahasiswa Kedokteran Mencontek Pakai iPad

Kompas.com - 12/03/2014, 12:34 WIB
ADELAIDE, KOMPAS.COM — Universitas Adelaide, Australia, menemukan sedikitnya 24 orang mahasiswa fakultas kedokteran tingkat akhir melakukan perbuatan yang melanggar ketentuan akademik. Para mahasiswa ini terbukti mencontek dalam salah satu ujian, dengan modus menggunakan iPad.

Para mahasiswa itu menyimpan bahan-bahan ujian di dalam iPad mereka. Ke-24 mahasiswa bisa menyelesaikan soal-soal ujian dengan mengakses jawaban yang sudah disiapkan di iPad mereka.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Adelaide Prof Alistair Burt menyatakan, semua mahasiswa yang mencontek kini diwajibkan mengambil pelajaran tambahan, dan beberapa di antaranya bahkan harus mengulang ujiannya.

Pihak fakultas menyatakan, perbuatan para mahasiswa ini melanggar kebijakan akademik. Akibatnya, nilai mereka dikurangi 10 persen, dan diwajibkan mengambil mata kuliah yang telah ditentukan untuk tahun ke-6 mereka.

"Dua di antara mereka yang nilainya dikurangi 10 persen ini dinyatakan tidak lulus," kata Prof Burt.

Meskipun terbukti telah digunakan untuk mencontek, pihak Universitas Adelaide menyatakan, tetap akan membiarkan penggunaan teknologi seperti iPad dalam ujian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com