Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota DPR Libya Ditembak di Parlemen

Kompas.com - 03/03/2014, 11:19 WIB
Dua anggota parlemen Libya ditembak dan terluka ketika pengunjuk rasa menyerbu gedung Kongres Nasional Umum di ibukota, Tripoli.

Para saksi mata mengatakan dua orang tertembak ketika mereka berusaha melarikan diri dari lokasi.

Pengunjuk rasa menuntut parlemen dibubarkan dan menetapkan tanggal untuk pemilu darurat.

Sejak kongres memperpanjang mandat mereka hingga akhir 2014, aksi demonstrasi marak terjadi di negara itu.

Mereka yang menyerbu parlemen pada hari Minggu mengatakan mereka juga marah dengan aksi "penculikan" terhadap demonstran yang melakukan aksi duduk di luar kongres.

Mereka mengatakan orang-orang yang bertanggung jawab adalah anggota kelompok pemberontak yang beroperasi dibawah komando kongres.

Para pengunjuk rasa yang sebagian besar adalah anak-anak muda bersenjatakan batu dan tongkat menyerbu gedung itu dengan meneriakkan yel-yel "mundur, mundur", seperti dilaporkan AFP yang mengutip keterangan seorang anggota parlemen.


AFP Parlemen Libia sudah beberapa kali diserang
Ketua parlemen Nuri Abu Sahmein mengatakan kepada TV Al-Nabaa bahwa aksi yang sejatinya akan berlangsung damai "disusupi" oleh kelompok bersenjata.

"Dua anggota parlemen terkena peluru ketika mereka berusaha meninggalkan gedung dengan mengendarai mobil," kata Sahmein.

Sejumlah foto yang dipublikasikan di media sosial menunjukkan pengunjuk rasa menyeret kursi ketua parlemen keluar gedung dan membakarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com