Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Thailand Tak Akan Lakukan Kudeta

Kompas.com - 07/01/2014, 17:18 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Pelaksana tugas Perdana Menteri (PM) Yingluck Shinawatra menjamin kalau pihak militer Thailand tidak akan melakukan kudeta. Pernyataan ini, tulis Bangkok Post pada Selasa (7/1/2014), merupakan upaya untuk menepis rumor kudeta yang santer terdengar di Thailand.


"Para pemimpin militer Thailand sudah belajar dari pengalaman masa lalu," kata Yingluck menegaskan.

Yingluck juga menambahkan dirinya mengatakan hal tersebut juga dalam kapasitasnya sebagai Menteri Pertahanan Thailand. "Raja Thailand juga sudah menasihatkan agar tak ada kudeta," katanya.

"Jalan terbaik untuk mengakhiri konflik politik adalah bertemunya semua pihak untuk sebuah pembicaraan," tuturnya menekankan.

Termutakhir, kelompok penentang Pemerintah Thailand di bawah Komite Reformasi Demokrasi Rakyat berencana melakukan unjuk rasa besar-besaran pada 13 Januari 2014.  

Sementara itu, sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Darat Thailand Jenderal Prayuth Chan-ocha saat menjawab pertanyaan soal rumor kudeta mengatakan agar rakyat tak perlu takut, meski ia menolak untuk menjawab pertanyaan konfirmasi atau menolak adanya rumor kudeta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com