Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konjen Indonesia Dituding Halangi Otopsi Jenazah Danny Kogoya

Kompas.com - 19/12/2013, 09:35 WIB
Keluarga komandan perang Organisasi Papua Merdeka (OPM) Danny Kogoya yang meninggal di Papua Niugini menuduh konsulat Indonesia menghalangi rencana otopsi jenazah Kogoya.

Hingga kini sebab kematian Kogoya pada Minggu (15/12/2013) belum diketahui.

Laporan awal menyatakan sebuah infeksi sebagai penyebab kematian, tetapi seorang dokter di Rumah Sakit Vanimo mengatakan bahwa Kogoya dirawat karena gagal hati saat dia meninggal.

Seorang juru bicara bagi keluarga Danny Kogoya, Jeffrey Bomanak, menuding konsul jenderal Indonesia menghalangi rencana untuk melaksanakan otopsi di Rumah Sakit Vanimo.

Dia menuduh konsulat jenderal yang berbasis di Vanimo meminta rumah sakit untuk tidak melakukan post mortem alias otopsi.

ABC belum mendapat konfirmasi dari konsulat jenderal Indonesia untuk memberikan komentar. Namun, petugas ruang gawat darurat di Rumah Sakit Vanimo, Dr Kennan Witari, mengklaim konsul jenderal Indonesia terlibat.

"Saya tidak benar-benar yakin mengapa dia mengikuti hal seperti ini, sejauh ini. Tetapi saya mendengar bahwa mungkin konsulat menginginkan jenazah untuk beberapa alasan hukum dan pihak keluarga juga menginginkan jenazahnya, jadi mereka masih akan ke sana kemari," kata Dr Kennan Witari.

Juru bicara keluarga Jeffrey Bomanak mengatakan, dia mencurigai kecurangan dan menginginkan tindakan otopsi berlangsung dalam beberapa hari mendatang.

Keluarga Danny Kogoya menginginkan jenazah Kogoya dimakamkan di lokasi yang sama dengan bekas kaki Kogoya yang diamputasi.

Danny Kogoya memimpin OPM di kawasan Jayapura dan selama bertahun-tahun memperjuangkan kemerdekaan Papua. Kogoya ditembak oleh tentara Indonesia saat ditahan tahun lalu dan kakinya diamputasi semasa dalam penahanan.

Dia kemudian dibebaskan dan bersembunyi di Barat Laut Papua Niugini atas alasan menghindari ancaman penahanan lagi terhadap dirinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com