Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NATO Selidiki Serangan Udara yang Tewaskan Seorang Bocah

Kompas.com - 29/11/2013, 19:07 WIB

KABUL, KOMPAS.com — Pasukan pimpinan NATO di Afganistan mengatakan akan menyelidiki serangan udara yang dilaporkan menewaskan seorang anak dan melukai dua perempuan.

Pernyataan NATO juga mengungkapkan penyesalan mendalam atas jatuhnya korban sipil yang diakibatkan serangan udara, yang digelar Kamis (28/11/2013).

Mereka mengatakan bahwa sasaran serangan udara itu adalah seorang anggota kelompok pemberontak yang sedang mengendarai sepeda motor.

Presiden Afganistan Hamid Karzai sudah mengecam keras serangan udara di Provinsi Helmand tersebut.

Juru bicara presiden mengatakan, serangan atas sebuah rumah itu menjadi salah satu pertanda dari ketidakpedulian Amerika Serikat atas warga sipil.

Disebutkan pula bahwa selama "kekejaman" berlangsung maka kesepakatan keamanan dengan AS tidak akan ditandatangani.

Serangan ini terjadi beberapa hari setelah Washington dan Kabul berhasil menyelesaikan kesepakatan yang memungkinkan pasukan AS akan tetap berada di Afganistan setelah 2014.

Namun, Presiden Karzai masih belum bersedia menandatanganinya karena menginginkan jaminan lebih lanjut dari Amerika Serikat, antara lain dalam mencegah jatuhnya korban sipil.

Kantor berita Afghan Islamic Press melaporkan, serangan udara AS itu menghantam sebuah rumah di kampung Faqiran dan menewaskan seorang anak berusia dua tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com