Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASEAN Manfaatkan Program Malaysia untuk Perdagangan Bebas 2015

Kompas.com - 27/11/2013, 19:34 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com -Tahun depan, Malaysia menggelar kembali tahun kunjungan wisata. ASEAN bisa memanfaatkan program ini untuk perdagangan bebas 2015.
Menurut catatan terkumpul dari Bernama pada Rabu (27/11/2013), program kunjungan itu bertajuk Visit Malaysia 2013. Pada program tersebut, Negeri Jiran itu menyiapkan berbagai produk-produk unggulan. Salah satunya adalah industri kreatif. "Program ini memang bertujuan untuk mempersiapkan diri menyambut perdagangan bebas ASEAN 2015,"kata pernyataan pihak otoritas pariwisata Malaysia.

Sebagaimana diamini pula oleh Chief Executive Officer (CEO) Paseban.com Muhamad Ihsan Firdaus, industri kreatif memang menjadi salah satu unggulan Indonesia untuk bisa bersaing pada komunitas perdagangan bebas tersebut. "Makanya, kami ingin juga menjadi unggulan Indonesia ke luar negeri," katanya.

Salah satu yang dilakukan pihaknya, terang Ihsan adalah menyiapkan produk-produk lokal. Produk lokal ini dipercaya mampu bersaing dengan asing. "Produk-produk itu juga harus inovatif,"katanya.

Tatkala merilis produk bertajuk Siraj, Ihsan mengakui menyasar segmen warga Muslim. Aplikasi mobile itu memang sudah ada di Android, Blackberry, dan I-Phone. Aplikasi ini, terang Ihsan, memang untuk keseharian warga Muslim. "Mereka bisa mendapatkan informasi tentang tempat ibadah terdekat atau restoran halal,"terang Ihsan sembari menambahkan kalau karyanya itu sudah diunduh sekitar 10.000 pengguna.

Berangkat dari keunikan itu, Ihsan mengaku akan menyasar Malaysia dan Singapura yang warganya kebanyakan beragama Islam. Ke depan, ia pun akan menyasar Arab Saudi. "Kami sudah mengembangkan dalam dua bahasa,"katanya lagi.

Saat ini, Paseban.com menghadirkan produk-produk multisegmen. Sebelumnya, situs jejaring sosial ini fokus pada produk edukasi. Sekarang, hadir juga produk jual beli dunia maya bertajuk Paseban Social Commerce.

Sementara, menyebut anggotanya sebagai Pasebania, Paseban.com merilis lima produk terbarunya yakni Kelas Online Paseban, Fitmit.com, Paseban Community Platform, Math Mapping, serta Siraj.  

Paseban.com akan menggelar pula Paseban Festival. Rencananya, acara itu akan digelar pada 28 Desember 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com