Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perdagangan Bebas ASEAN Perhatikan Kebutuhan Konsumen

Kompas.com - 26/11/2013, 17:02 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com -Hal yang mesti menjadi pertimbangan dalam perdagangan bebas ASEAN salah satunya adalah kebutuhan konsumen. Selain kebutuhan konsumen secara umum, kebutuhan khusus juga patut menjadi perhatian. Di dalam industri perhotelan, misalnya, kebutuhan untuk pelayanan secara digital juga mengemuka. Adalah National B2B Sales Manager Business Solution LG Electronics Indonesia Agustian Yusetia yang mengemukakan hal itu, kemarin, tatkala meluncurkan televisi berbasis layanan fitur khusus, LG ProCentric. Dalam kesempatan itu, IT Sales and Marketing Manager LG Electronics Indonesia Yeunkeun Park mendampingi Agustian. "Ada kebutuhan untuk melayani para pelaku bisnis hotel," katanya.

Dalam catatan Agustian misalnya, para konsumen hotel memerlukan layanan informasi yang sifatnya digital melalui sarana televisi di kamar hotel. Oleh karena itulah, pihaknya membenamkan teknologi fitur Hotel Mode. Fitur ini memunyai password khusus bagi pihak pengelola hotel untuk pengaturan program pelayanan hotel. Password dimaksud melindungi dari pihak-pihak yang akan mengubah program. "Penggunaan fitur ini juga membantu penghematan penggunaan pamflet," katanya.

Dalam kerangka bisnis, kata Agustian, pihaknya memang tidak menawarkan produk tersebut melalui gerai-gerai konsumen langsung. Namun, LG akan masuk bersama dengan para kontraktor dan pemasok di bisnis hotel. "Dalam sebulan target kami menjual sekitar seribu unit,"kata Yeunkeun Park.

Catatan Agustian menunjukkan kalau pihaknya membidik rata-rata hingga sepuluh hotel. Investasi untuk piranti ini juga termasuk server dan lisensi. Untuk dua segmen itu, banderolnya mencapai 5.000 dollar AS. "Ke depan, kami akan mengembangkan teknologi yang sifatnya interaktif, tergantung perkembangan pasar Indonesia,"demikian Agustian Yusetia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com