Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Greenpeace Kumpulkan Uang untuk Bebaskan Aktivisnya

Kompas.com - 19/11/2013, 16:47 WIB
ST PETERSBURG, KOMPAS.com — Kelompok Greenpeace, Selasa (19/11/2013), mengatakan sudah berhasil mengumpulkan uang sebesar 184.000 dollar AS atau sekitar Rp 2,1 miliar untuk membayar uang jaminan bagi para aktivis dan seorang jurnalis yang masih ditahan Pemerintah Rusia.

"Uang jaminan sudah tersedia dan kami siap membayar kapan saja," kata seorang juru bicara Greenpeace kepada kantor berita RIA Novosti.

Juru bicara itu menambahkan, Greenpeace masih membutuhkan rincian rekening untuk mengirimkan uang jaminan itu. Uang jaminan sebesar 2 juta rubel untuk tiga aktivis Rusia itu dikumpulkan kantor pusat Greenpeace di Amsterdam, Belanda.

Penahanan para aktivis Greenpeace yang dikenal sebagai Arctic 30 itu dikecam luas di Rusia dan seluruh dunia. Komunitas internasional mendesak Pemerintah Rusia untuk segera membebaskan para aktivis itu.

Sebanyak 28 aktivis dan dua orang jurnalis ditangkap aparat Rusia seusai melakukan aksi unjuk rasa di sebuah anjungan pengeboran minyak Rusia di Laut Artik, September lalu.

Pada awalnya mereka dijerat dakwaan pembajakan yang bisa menyeret para aktivis itu ke hukuman penjara maksimal 15 tahun. Namun, kemudian dakwaan diubah menjadi holiganisme dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com