Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wang Jianlin Kini Terkaya di China

Kompas.com - 17/10/2013, 12:41 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Wang Jianlin, orang nomor satu di Grup Dalian Wanda, menjadi orang terkaya di China tahun ini versi Forbes. Menurut warta Xinhua pada Kamis (17/10/2013), kekayaan Jianlin mencapai 86 miliar yuan atau setara dengan 14,1 miliar dollar AS. Bisnis Wang Jianlin adalah properti.

Menurut media itu, bisnis Wang Jianlin terdongkrak dengan pulihnya properti di China. "Sementara, Wang Jianlin juga melebarkan sayap usaha bisnisnya di industri hiburan internasional," tulis Forbes.

Sementara itu, menyusul di bawah Jianlin adalah bos perusahaan minuman terbesar China, Zong Qinghou. Ia adalah CEO Wahaha Co Ltd. Awalnya, Qinghou menempati posisi pertama di daftar tersebut. Kekayaannya mencapai 68,3 miliar yuan atau setara dengan 11,1 miliar dollar AS.

Pada posisi ketiga ada Li Yanhong yang juga CEO Baidu. Perusahaan ini bergerak di bidang teknologi informasi.

CEO perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi tak hanya Yanhong. Di urutan terkaya kelima ada Ma Huateng. Dia menjadi orang nomor satu di perusahaan Tencent.

Di China setidaknya kini ada 400 orang terkaya. Total kekayaan mereka mencapai 570 miliar dollar AS. Angka ini naik 35 persen ketimbang setahun silam.

www.dezeen.com Dana perusahaan properti China tersedia banyak dan tunai, hanya belum digunakan untuk pengembangan properti lanjutan. Hal ini terkait situasi pasar yang tidak stabil.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com