Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Raja Baru Inggris dengan Tiga Nama Besar

Kompas.com - 25/07/2013, 13:46 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Calon raja baru Inggris, anak laki-laki pertama pasangan Pangeran William dan Kate Middleton, diberi nama George Alexander Louis. Bayi seberat 8 pon dan 6 ons itu lahir pada Senin (22/7/2013) sekitar pukul 16.24 waktu setempat di Lindo Wing Rumah Sakit Santa Maria, London. Gelarnya Pangeran George dari Cambridge.

Catatan dari AP pada Kamis (25/7/2013) menunjukkan tiga nama yang disematkan untuk
bayi pasangan Kerajaan Inggris itu mengacu pada tiga nama besar menurut sementara kalangan. Louis menunjuk pada nama Louis Mountbatten. Tokoh ini adalah paman Pangeran Philip, kakek Pangeran William. Mountbatten yang kelahiran Windsor pada 25 Juni 1900 itu adalah Raja Muda Inggris terakhir untuk India.

Louis Mountbatten tewas oleh ledakan bom di kapalnya saat bersandar di Pantai County Sligo, Irlandia, pada 27 Agustus 1979 oleh kelompok IRA. Louis Mountbatten dimakamkan di Westminter Abbey.

Ayah Louis Mountbatten, Pangeran Louis Battenberg, adalah kakek buyut Pangeran William. Nama "Louis" pun adalah nama tengah Pangeran William.

Sementara "George"adalah ikon orang kudus paling sohor di Inggris. Nama itu merujuk pada Raja Jerman George I. Di Inggris, sampai sekarang, sudah ada lima nama George yang pernah menjadi raja.   

Terakhir, nama Alexander. Nama ini memang tidak pernah menjadi nama raja Britania Raya. Alexander adalah nama dari Alexander Agung dari Macedonia. Dalam sejarah dunia, Alexander Agung adalah penguasa hampir separuh dunia dan acap disebut sebagai jenderal perang paling hebat meski umurnya hanya sampai pada angka 32 lantaran sakit atau dugaan pembunuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com