Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berhubungan Seks dengan Anak 16 Tahun, Mantan Guru di Irlandia Dipenjara 3 Tahun

Kompas.com - 01/11/2019, 20:14 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

DUBLIN, KOMPAS.com - Seorang mantan guru di Irlandia dipenjara selama tiga tahun setelah mengaku bersalah berhubungan seks dengan anak 16 tahun.

Dia mengaku bersalah atas dua dakwaan pencemaran nama baik di Pengadilan Kerajaan Dublin dalam persidangan Maret 2018 lalu.

Baca juga: Guru di AS Kirim Pesan Tak Senonoh ke Murid, Diduga Keduanya Berhubungan Seks

Si guru yang berhubungan seks dengan anak 16 tahun yang notabene muridnya itu tidak diungkapkan namanya demi melindungi identitas korban.

Dilansir The Independent Kamis (31/10/2019), Hakim Martin Nolan menyebut kejahatannya "sangat serius", sehingga dia harus segera dipenjara.

Nolan menuturkan perempuan 25 tahun itu sebagai sosok guru yang masih muda dan tidak berpengalaman ketika melakukan perbuatannya.

"Dia menyalahgunakan jabatannya dan melanggar kepercayaan serta otoritas," terang Hakim Nolan dalam sidang putusan, dengan si guru menangis.

Nolan melanjutkan, tak diragukan lagi perbuatan perempuan itu tak hanya memalukannya. Namun juga membuatnya tak bisa lagi mengajar.

Perempuan itu dilaporkan bekerja sebagai guru pengganti untuk mata pelajaran bahasa Inggris pada 2017, yang merupakan pekerjaan pertamanya.

Suatu hari, remaja itu melihat gurunya di sebuah klab malam. Sempat menyapa, si guru membalas dengan memberi pelukan. Keduanya kemudian bertukar pesan melalui Snapchat.

Dalam keterangan si anak, dia yakin mereka berdua mempunyai hubungan. Saat usianya 16 tahun, guru itu membelikannya hadiah.

Setelah itu, keduanya berhubungan seks. Mereka berdua kemudian berkendara menuju sebuah hotel, di mana mereka berdua menginap.

Ibu dari si remaja membongkar hubungan mereka setelah curiga dengan perilaku anaknya. Detektif menangkap mantan guru itu pada Oktober 2017.

Saat diinterogasi, dia mengakui seluruh perbuatannya, dan dengan salah mengira usia anak dianggap dewasa di Irlandia adalah 16 tahun.

Baca juga: Sedang Berhubungan Seks, Pasangan Kekasih Jatuh dari Lantai 3 dan Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com