Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditolak Rumah Sakit, Perempuan Ini Melahirkan di Tempat Parkir

Kompas.com - 27/02/2018, 15:11 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Mirror

SAN SALVADOR, KOMPAS.com - Seorang perempuan asal kota Chalatenango, El Salvador terpaksa melahirkan di jalanan setelah sebuah rumah sakit menolak memberi pelayanan karena "terlalu sibuk".

Kisahnya berawal saat Delmi (32) pergi ke RS Dr Jose Edmunda Vasquez karena merasakan sakit di perutnya dan menduga saatnya melahirkan sudah tiba.

Namun, sesampainya di rumah sakit Delmi tidak mendapatkan pelayanan tetapi disuruh menunggu sesuai antrean.

"Semua datang dengan keluhan sakit, jadi kamu harus menunggu," ujar seorang perawat kepada seorang teman yang mengantar Delmi.

Baca juga : Usai Melahirkan di Jalanan, Wanita Ini Buang Bayinya ke Tempat Sampah

Mendapat penolakan, Delmi lalu melangkah meninggalkan rumah sakit dan langsung menuju tempat dia memarkir mobil.

Setibanya di lokasi parkir, Delmi sudah tak bisa lagi menahan rasa sakitnya dan masuk ke dalam mobil.

Sebenarnya, dalam perjalanan menuju ke tempat parkir terdapat kursi roda dan brankar (usungan untuk mengangkat orang sakit, biasanya dilengkapi roda) tapi Delmi terus berjalan.

"Ada banyak anak-anak di sana juga orang dewasa. Saya malu jika mereka melihat saya melahirkan," ujar Delmi.

Akhirnya Delmi melahirkan bayinya di dekat sebuah mobil di lapangan parkir dibantu temannya Reina dan seorang perempuan lain yang kebetulan berada di sana.

Reina bahkan sempat meminta seseorang merekam persalinan darurat itu. Dan, saat video tersebut diunggah ke dunia maya, selama empat hari sudah ditonton 160.000 kali.

"Saya meminta orang merekam video sebagai bukti bahwa kami ditolak rumah sakit. Tanpa adanya bukti tak akan ada yang percaya," ujar Reina.

"Saya sudah katakan kepada perawat bahwa Delmi akan melahirkan tetapi dia bersikukuh Delmi harus mengantre seperti yang lain," tambah Reina.

Meski melakukan persalinan di jalanan, putri keempat Delmi itu lahir dengan selamat dan dalam kondisi amat sehat.

Baca juga : Perempuan India Melahirkan di Ambulans Dikelilingi Selusin Singa

Setelah melahirkan, Delmi dan bayinya kini dirawat di sebuah rumah sakit. Namun, insiden itu terlanjut sampai ke telinga menteri kesehatan El Salvador, Violeta Menjivar.

"Kami akan menyelidiki alasan rumah sakit menolak seorang ibu yang akan melahirkan. Mereka yang menolak memberi pelayanan akan mendapatkan sanksi," ujar Menjivar.

Sementara itu, meski kasus ini sudah sampai ke menteri kesehatan, direktur RS Dr Jose Edmundo Vasquez belum memberikan komentarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com