Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah AS Lebih Hemat Jika Melania Pindah ke Gedung Putih

Kompas.com - 21/03/2017, 17:12 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Donald Trump bisa memangkas pengeluaran negara jika istrinya Melania dan putra bungsunya, Barron meninggalkan Trump Tower dan pindah ke Gedung Putih.

Akibat tinggal terpisah, maka pemerintah AS mengeluarkan biaya cukup besar untuk pengamanan Melania dan putra bungsunya.

Menurut kepolisian New York (NYPD) biaya rata-rata pengamanan Melania dan Barron (10) berkisar 136.000 dolar AS atau sekitar Rp 1,8 miliar sehari.

Meski biaya pengamanan itu tak sebesar jika sang presiden ikut tinggal di New York. Jika Trump berada di New York maka biaya pengamanan membengkak menjadi 308.000 dolar AS atau Rp 4,1 miliar sehari.

Para pembayar pajak AS setidaknya sudah membayar 8,6 juta dolar atau sekitar Rp 114,5 miliar untuk pengamanan Melania dan putranya sejak Trump menjadi presiden pada Januari.

Padahal, Melania dan Barron diperkirakan bakal tetap berada di New York hingga Juni mendatang.

Artinya, biaya pengamanan yang harus ditanggung negara akan bertambah sekitar 18,2 juta dolar atau Rp 242 miliar.

Semua pengeluaran ini sebenarnya bisa digunakan untuk membiayai dua program pendidikan besar yang akan dieliminasi Trump dari rancangan anggaran belanja negara.

The Woodrow Wilson International Centre for Scholars, adalah salah satu lembaga yang bakal kehilangan bantuan pemerintah.

Lembaga yang banyak memberikan bea siswa untuk ilmu-ilmu sosial dan kemanusiaan itu kemungkinan bakal kehilangan 11 juta dolar atau sekitar Rp 146 miliar.

Selain itu dana untuk membiayai program pendidikan internasional lewat berbagai program pertukaran mahasiswa hingga program pendidikan khusus di luar negeri juga akan kehilangan dukungan dana.

Trump berencana memangkas anggaran sebesar 7 juta dolar atau sekitar Rp 90 miliar yang awalnya disediakan untuk program ini.

Kedua program pendidikan ini terancam hilang, meski kombinasi anggaran keduanya sebesar 18 juta dolar masih lebih kecil dibanding biaya pengamanan Melania dan Barron Trump di New York.

Selain biaya pengamanan untuk Melania, biaya pengamanan dan perjalanan Trump yang hampir tiap pekan pergi ke resor pribadinya di Florida juga amat tinggi.

Biaya perjalanan Presiden Trump diperkirakan mencapai 600 juta dolar dalam empat tahun mendatang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com