Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikirim ke Daerah Konflik, 59 Personel Pasukan Elite India Menghilang

Kompas.com - 06/02/2017, 22:07 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com — Puluhan taruna pasukan komando India hilang semalam sebelum dikirim ke kawasan bergolak yang menjadi basis pemberontak komunis.

Para anggota pasukan elite itu tengah menuju ke negara bagian Bihar pada Minggu (5/2/2017) malam. Mereka menghilang tanpa sepengetahuan komandan mereka.

Kantor berita The Press Trust of India mengabarkan, sebanyak 59 anggota pasukan komando itu diberangkatkan dengan menggunakan kereta api.

Saat kereta api berhenti di sebuah stasiun, mereka turun dan tak kembali ke kereta api.

Para pejabat pasukan paramiliter yang membawahi pasukan komando ini mengatakan sedang melakukan penyelidikan untuk memastikan bagaimana puluhan tentara itu bisa menghilang tanpa diketahui.

Pemberontak Maois yang dianggap sebagai ancaman keamanan dalam negeri tertinggi aktif bergerilya di kawasan berhutan dan kaya sumber daya di Chhattisgarh, Odisha, Bihar, Jharkand, dan Andhra Pradesh.

Para pemberontak ini mengatakan, mereka memperjuangkan hak atas tanah, pekerjaan, dan hak-hak lain bagi kelompok-kelompok suku yang miskin.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com