Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Free West Papua" Sedang Frustasi, Kantor-kantor Perwakilan RI Pun Dijaga Ketat

Kompas.com - 10/01/2017, 06:30 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com - Pengamanan di kantor-kantor perwakilan Indonesia di beberapa kota di Australia, termasuk di Canberra, diperketat oleh otoritas Australia.

Hal ini menyusul adanya insiden pengibaran bendera kelompok Papua Merdeka di Konsulat Jenderal RI di Melbourne, Jumat lalu.

Sade Bimantara, Jurubicara KBRI Canberra mengatakan, telah ada peningkatan penjagaan keamanan berupa kerjasama dengan pihak kepolisian dan peningkatan patroli.

Di Australia, selain kantor perwakilan Indonesia KBRI di Canberra, ada juga kantor-kantor Konsul Jenderal di Sydney, Melbourne, Perth, dan Darwin.

Baca: Kronologi Pengibaran Bintang Kejora di Gedung KJRI Melbourne

Dalam sebuah video yang diunggah oleh pengguna Facebook bernama Izzy Brown, terlihat seorang pria memanjat pagar gedung di sebelah gedung KJRI Melbourne.

Orang itu lalu melompat ke bagian atap gedung, dan membentangkan bendera Bintang Kejora, bergaris biru putih dengan bintang putih berdasar warna merah.

"Kami mendapat keterangan dari Polisi Federal Australia (AFP) bahwa perbuatannya telah melanggar hukum trespassing, yakni melanggar masuk ke properti milik orang lain tanpa izin." kata Sade Bimantara, Senin (9/1/2017).

Dalam hukum di negara bagian Victoria, tindakan menerobos properti orang lain termasuk tindak kriminal dengan maksimum hukuman enam bulan penjara dan denda senilai 2.500 dollar Australia, atau lebih dari Rp 25 juta.

Australia Plus Indonesia berupaya menanyakan mengenai perkembangan penyelidikan polisi Australia sejauh ini kepada pihak KJRI Melbourne, tetapi pihak KJRI Melbourne belum memberikan jawaban.

Baca: Bintang Kejora Berkibar di KJRI Melbourne, Pemerintah Protes Australia

Kelompok yang memasuki pelataran KJRI Melbourne diduga adalah simpatisan gerakan seperatis Papua Merdeka di Australia.

Mereka menamakan diri Free West Papua. Kelompok ini berbasis di Inggris.

Pengibaran bendera dan kampanye oleh kelompok separatis ini telah beberapa kali terlihat di Melbourne.

Bulan Agustus lalu misalnya, saat warga Indonesia sedang merayakan HUT RI di Federation Square, simpatisan dari kelompok ini pun datang sambil membentangkan bendera dan spanduk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com