Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuba Teken Ekspor Perdana ke AS Setelah Hampir 55 Tahun Putus

Kompas.com - 06/01/2017, 08:40 WIB

HAVANA, KOMPAS.com — Dua perusahaan menandatangani sebuah kesepakatan, Kamis (5/1/2017) di Havana, Kuba, ekspor perdana dari Kuba ke Amerika Serikat setelah terputus selama lebih dari separuh abad.

Kantor berita Agence France-Presse, Jumat (6/1/2017), melaporkan, ekspor tersebut merupakan bagian lanjutan dari normalisasi paling bersejarah dalam hubungan kedua negara, yang telah dimulai kembali secara resmi Desember 2014.

Perusahaan Kuba, CubaExport, menandatangani kesepakatan untuk menjual arang kepada perusahaan AS, Coabana Trading, senilai 420 dollar (setara Rp 5,6 juta) per ton.

Informasi itu dirilis oleh surat kabar resmi negara komunis tersebut, harian Granma, Kamis kemarin.

Sekalipun embargo perdagangan yang telah berjalan hampir 55 tahun oleh AS masih berlaku, ekspor perdana ini dikecualikan oleh Presiden Barack Obama untuk menandai akhir masa jabatannya.

Ekspor perdana Kuba itu merupakan sebuah langkah penting dalam upaya normalisasi secara bertahap yang dilakukan Obama dan Presiden Kuba Raul Castro sejak akhir 2014.

Menyusul penandatangani kesepakatan ekspor, perusahaan Kuba akan segera melakukan pengapalan pertama 40 ton "marabu", arang nabati untuk pembakaran, arang dari pohon kayu lokal Afrika. Situs internal Granma menyebutkan, pengiriman “marabu” mulai dilakukan pada 18 Januari.

Kongres AS yang didominasi politisi Partai Republik tidak bersedia mencabut total embargo perdagangan untuk Kuba, yang pemerintahnya dicap diktator oleh para kritikus.

Obama, yang akan menyerahkan jabatannya kepada Donald Trump pada 20 Januari ini, berhasil meringankan pembatasan perdagangan untuk memungkinkan produk-produk tertentu dari koperasi peternakan swasta Kuba untuk melakukan ekspor ke AS.

"Ini adalah kesepakatan berjangkauan luas bagi hubungan antara kedua negara," kata Presiden Coabana Trading, Scott Gilbert, kepada wartawan setelah penandatanganan kesepakatan di Havana.

CubaExport akan mengirim antara 40.000 dan 80.000 ton arang nabati per tahun, sebagian besar ke Eropa, kata Granma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com