Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara Arab Tuduh Iran Sponsori Terorisme

Kompas.com - 15/11/2016, 15:04 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Negara-negara Arab meminta Iran untuk mengubah sepenuhnya kebijakan luar negerinya dan menghentikan permusuhan.

Sebelas negara Timur Tengah dan Afrika Utara, seperti dilaporkan Voice of Amercia, Selasa (15/11/2016), menuduh Iran mensponsori ‘terorisme’.

Iran juga dituding terus-terusan mencampuri masalah dalam negeri negara-negara Arab sehingga memicu ketegangan dan kekacauan kawasan.

Dalam surat kepada Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang diedarkan pada Senin (14/11/2016), 11 negara anggota blok Arab menyebut dukungan Iran kepada pemberontak Houthi di Yaman sebagai bukti.

Selain itu, dukungan kepada Hezbollah di Lebanon, kelompok yang mengirim pasukan untuk membantu pemerintah Suriah, juga bentuk hasutan dari Iran.

Ke-11 negara Arab itu juga menuduh Iran membantu berbagai kelompok dan sel teroris di Bahrain, Irak, Arab Saudi, Kuwait, dan tempat lain di dunia Arab.

Mereka mengulangi pernyataan menteri luar negeri Bahrain pada September lalu bahwa satu-satunya jalan bagi Iran untuk maju ialah dengan mengubah sepenuhnya kebijakan luar negerinya dan menghentikan permusuhan.

Surat itu diprakarsai oleh Persatuan Emirat Arab dan ditandatangani antara lain oleh Arab Saudi, Mesir, dan Jordania. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com