Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kanada Siap Terima 330.000 Imigran Baru Tahun 2017

Kompas.com - 01/11/2016, 11:50 WIB

OTTAWA, KOMPAS.com – Pemerintah Kanada, Senin (31/10/2016), mengatakan, pihaknya akan membolehkan 300.000 imigran masuk ke negaranya pada tahun 2017.

Langkah itu antara lain dilakukan untuk membantu upaya pemerintah memacu pertumbuhan ekonomi akibat kurangnya tenaga kerja berbakat yang dialami para pemimpin perusahaan.

Menteri Imigrasi Kanada, John McCallum, seperti dilaporkan Reuters, Selasa (1/11/2016) ini, mengatakan kepada wartawan dengan menetapkan 300.000 imigran sebagai target baru diharapkan hal itu akan menjadi dasar bagi pertumbuhan imigrasi di masa depan.

McCallun mengatakan, ia berjuang keras melawan kelompok anti-imigrasi. Kanada membutuhkan banyak tenaga kerja trampil, dan diharapkan sebagian besar imigran yang masuk memenuhi standar yang diharapkan.

"Saya sungguh yakin bahwa membiarkan semakin banyak imigran ke Kanada merupakan kebijakan yang baik untuk alasan demografis," kata McCallum kepada wartawan.

Perdana Menteri Justin Trudeau pada 2015 telah menargetkan untuk menampung 25.000 imigran hingga Maret 2016.

Penyambutan 163 imigran Suriah pada medio Desember 2015 oleh Trudeau menjadi awal yang menjadikan Kanada sebagai rumah aman bagi masa depan para pengungsi.

Beberapa pemimpin bisnis kecewa dengan keputusan pemerintah yang tidak meningkatkan target menjadi 450.000 imigran selama lima tahun ke depan.

Target itu  sesuai dengan rekomendasi dari dewan penasehat ekonomi pemerintah dua pekan lalu untuk mengimbangi pertumbuhan demografi yang terus menurun di Kanada.

Dewan penasihat ekonomi mengharapkan pemerintah meningkatkan imigran yang memiliki ketrampilan atau bakat khusus pada dunia usaha dan mahasiswa asing.

Tenaga kerja trampil dibutuhkan oleh dunia bisnis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, yang sebenarnya telah melambat selama beberapa tahun ini.

Perusahaan Kanada telah lama mengeluhkan hambatan birokrasi. Mereka mengatakan ada banyak hambatan untuk mendapatkan izin kerja, termasuk rekrutmen tenaga kerja baru.

Berdasarkan rencana untuk tahun depan, jumlah imigran yang sersuai dengan kategori ekonomi akan meningkat menjadi 172.500 orang dari 160.600 orang tahun ini.

Sedangkan jumlah pengungsi akan menurun menjadi 40.000 orang dari 55.800 orang tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com