Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pria Bersaudara Jadi Kandidat pada Pilpres Palau

Kompas.com - 31/10/2016, 17:07 WIB

KOROR, KOMPAS.com — Pada Selasa (1/11/2016), negara kepulauan kecil di Samudra Pasifik, Palau, akan menggelar pemilihan presiden.

Hal yang menarik adalah, kedua calon presiden negeri kecil ini berasal dari satu keluarga, tepatnya sebagai saudara ipar.

Calon petahana Tommy Remengesau akan bertarung melawan Surangel Whipps Jr setelah keduanya muncul sebagai kandidat utama dalam pemilihan pendahuluan pada September lalu.

Surangel Whipps Jr adalah suami dari adik perempuan Tommy Remengesau. Meski demikian, dia mengabaikan ikatan keluarga itu dalam upaya mengakhiri kekuasaan Remengesau selama 12 tahun terakhir.

Whipps, sebagai penantang, menawarkan adanya perubahan terkait masalah sosial di negeri berpenduduk 22.000 orang yang terletak 1.000 kilometer sebelah timur Filipina itu.

"Anak-anak kita tak punya pekerjaan. Selain menjual narkoba, mereka beremigrasi ke AS untuk mengubah nasib," ujar Whipps dalam debat capres belum lama ini.

Dalam kampanyenya, Whipps mengatakan, dia tak memiliki masalah pribadi dengan saudara iparnya itu. Namun, dia yakin negeri itu membutuhkan seorang pemimpin baru.

"Saya tak marah dengan Presiden, kami hanya memiliki pendekatan yang berbeda. Ini bukan tentang kami, ini tentang Palau," kata dia.

Dalam pemilihan putaran pertama yang diikuti empat kandidat, Remengesau mendapatkan 4.951 suara dan Whipps mengumpulkan 3.782 suara.

Namun, kedua kandidat yang kalah dalam putaran pertama menjanjikan dukungan untuk memenangkan Whipps.

Palau adalah sebuah republik kepulauan di Samudra Pasifik dengan luas wilayah hanya 452 kilometer persegi.

Secara politik, Palau merupakan negara independen. Namun, negeri ini memiliki perjanjian dengan AS yang menjamin pertahanan, keamanan, bantuan dana, dan akses layanan sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com