Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konvoi Bantuan PBB Dihantam Bom, 18 Truk Hancur dan 12 Relawan Tewas

Kompas.com - 20/09/2016, 11:31 WIB

ALEPPO, KOMPAS.com – Konvoi panjang truk-truk bantuan kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa bersama Bulan Sabit Merah ke Aleppo, Suriah utara, menjadi target serangan udara setelah tenggat gencatan senjata berakhir.

PBB memperingatkan, tindakan itu tersebut dapat dikategorikan sebagai kejahatan perang, seperti dilaporkan kantor berita Agence France Presse (AFP) pada Selasa (20/9/2016).

Menurut PBB, 18 truk dari seluruhnya 31 truk yang berada dalam konvoi bantuan itu hancur akibat serangan udara pada Senin (19/9/2016) malam.

Saat terjadi serangan udara itu terjadi ketika konvoi bantuan kemanusiaan sedang begerak menuju kota yang sedang didera kelaparan hebat di Orum al-Kubra, yang telah berbulan-bulan terkepung perang.

Organisasi Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah (SOHR) melaporkan, 12 relawan Bulan Sabit Merah dan pengemudi truk tewas.

Kepala bantuan PBB, Stephen O'Brian, sebelumnya mengatakan, "banyak orang” tewas dan dalam kondisi luka kritis.

Misi kemanusiaan PBB dan Bulan Sabit Merah Surah berusaha untuk memanfaatkan peluang gencatan senjata.

Namun ternyata jedah kemanusiaan tidak dapat diperpanjang pada Senin malam  dan bom menghujani Aleppo dan provinsi lain di sekitarnya.

SOHR melaporkan, seluruhnya 36 tewas dalam kekerasan di seluruh wilayah tempur tak lama setelah gencatan senjata tak dapat diperpanjang. Aleppo dihujani bom tak henti-hentinya.

Militer Suriah mengumumkan mengakhiri gencatan senjata Senin, menuduh pemberontak telah melakukan lebih dari 300 pelanggaran dan gagal "berkomitmen atas elemen tunggal" kesepakatan antara AS dan Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com