Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jiplak Sebagian Pidato Obama, Presiden Nigeria Dikecam

Kompas.com - 18/09/2016, 18:52 WIB

LAGOS, KOMPAS.com - Presiden Nigeria Muhammadu Buhari dihujani kecaman setelah mengaku bahwa sebagian dari pidatonya yang berjudul "Perubahan Dimulai dari Saya" menjiplak pidato kemenangan Barack Obama pada 2008.

Awal bulan ini, Buhari meluncurkan sebuah inisiatif sosial untuk mendesak warga Nigeria agar berhenti menyuap dan membuah sampah sembarangan.

Gerakan ini merupakan bagian dari kelanjutan program "perang" melawan ketidakdisiplinan yang diluncurkannya saat masih menjabat penguasa militer pada 1980-an.

"Kita harus mampu menahan keinginan untuk jatuh kembali ke kondisi partisan, kepicikan dan ketidakdewasaan yang selama ini meracuni negara kita," kata Buhari dalam sebuah acara di ibu kota, Abuja.

Kemudian, istana kepresidenan terpaksa menerbitkan pernyataan pada Jumat (15/9/2016), yang menyebut bahwa kalimat tersebut dicuplik dari pidato Presiden Barack Obama.

"Setelah diperiksa, kesamaan dalam paragraf itu dengan pidato kemenangan Presiden Obama pada 2008, nyaris tidak mungkin hanya sebuah kebetulan," kata juru bicara kepresidenan Nigeria, Garba Shehu.

Shehu menambahkan, penulis pidato Presiden Buhari yang serampangan mengambil pidato Obama ini akan dijatuhi sanksi.

Sementara itu, para kritikus menduga Buhari tak membaca terlebih dahulu pidato itu sebelum menyampaikannya di atas podium.

Selain itu, peristiwa ini dikhawatirkan akan mencoreng citra Nigeria di dunia internasional di saat para pemimpin dunia akan bertemu dalam sidang umum PBB pekan ini.

"Presiden dan para pembantunya seharusnya bisa bekerja lebih baik. Kami mohon, berhentilah mempermalukan negara ini," kata Adeyanju Deji, politisi oposisi lewat akun Twitter.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com