Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seekor Monyet Muncul di Kabin Penerbangan Frontier, dari Mana?

Kompas.com - 12/08/2016, 16:28 WIB

LAS VEGAS, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Frontier memastikan seekor monyet yang muncul di dalam penerbangan dari Ohio ke Las Vegas, Amerika Serikat, masuk ke kabin karena diselundupkan oleh pemiliknya sendiri. 

Namun, pernyataan pihak Frontier dibantah otoritas Administrasi Keamanan Transportasi (TSA), yang mengaku telah melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap monyet tersebut, sebelum penerbangan. 

Seperti diberitakan laman UPI.com, Jumat (12/8/2016), maskapai mengaku salah satu pramugari telah menanyai seorang penumpang dalam penerbangan Selasa malam, dari Bandara Columbus, Ohio, ke Bandara Internasional McCarran, Las Vegas.

Konfrontasi dilakukan sesaat setelah mereka mendapati ada kepala monyet yang menyembul dari balik pakaian seorang penumpang. 

MenurutFrontier, penumpang tersebut menolak untuk menunjukkan dokumentasi bagi monyet itu kepada pramugari. Akibatnya, pihak maskapai terpaksa menghubungi aparat kepolisian. 

Pihak Kepolisian Metropolitan Las Vegas langsung menindaklanjuti laporan itu setelah pesawat mendarat di Las Vegas.

Namun, aparat mendapati bahwa monyet tersebut terdaftar di lembaga perlindungan hewan dan tidak ada indikasi terkait dengan aktivitas kriminal.

Sementara, Frontier berkilah, penumpang itu menyelundupkan monyet ke dalam kabin dengan menyimpannya di dalam sebuah tas travel. 

Jurubicara Frontier Richard Oliver mengatakan, membawa hewan di dalam kabin adalah  bentuk pelanggaran.

Dia pun menambahkan, pelanggaran juga terjadi karena menolak menunjukkan dokumentasi terkait keberadaan monyet tersebut. 

Tetapi belakangan, Oliver pun memberikan klarifikasi, bahwa sepanjang penerbangan monyet itu ada bersama sang pemilik dan tidak berada di dalam tempat tertentu, termasuk tas. 

"Monyet itu tidak pernah lepas di kabin, dia selalu bersama majikannya," kata Oliver. 

Pihak TSA menegaskan, seluruh barang telah diperiksa secara mendetail sebelum penumpang masuk, dan hewan itu telah menjalani pemindaian yang layak sebelum ikut di dalam penerbangan. 

Monyet itu pun diserahkan kepada seorang petugas keamanan untuk diperiksa oleh pemiliknya. Dengan demikian keberadaan monyet itu seharusnya memang diketahui oleh Frontier.

"Monyet itu dilepas atau terlepas di dalam kabin," kata seorang Jurubicara Bandara McCarran, seperti dikutip the Las Vegas Review-Journal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com