Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai "Bintang Daud" untuk Serang Hillary, Trump Cabut Kicauan di Twitter

Kompas.com - 03/07/2016, 15:12 WIB

KOMPAS.com - Presumtive Nominee Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik Donald Trump menghapus unggahan yang bernada sindirdan kepada kompetitornya Hillary Clinton, di akun twitter-nya, Sabtu (3/7/2016).

Penghapusan dilakukan setelah kicauan dari pengusaha kaya raya yang menyindir Hillary dengan menggunakan gambar "Bintang Daud" dalam brosur kampanye Hillary, dikritik para netizen.

Penggunaan logo "Bintang Daud" bisa dilihat sebagai anti-semitisme.

Anti-semitisme adalah istilah ini lebih sering digunakan untuk mengartikan sikap permusuhan, tidak toleransi, atau tindakan diskriminasi, atau pernyataan yang menyerang Yahudi sebagai ras atau kelompok kepercayaan.

Namun, arti sebenar dari istilah itu adalah sebuah tindakan atau pernyataan yang menyerang siapapun yang berasal dari semit, di dalamnya termasuk Arab dan juga Yahudi.

Dalam unggahan Trump dimuat gambar mirip sampul majalah dengan gambar wajah Hillary, presumptive candidate Partai Demokrat dengan latar belakang gambar pecahan uang dollar AS.

Di sebelah kanan gambar itu ada bintang enam sudut berwarna merah, yang di dalamnya terdapat tulisan "Most Corrupt Candidate Ever!"

Di bagian bawah desain poster itu pun dicantumkan data polling dari Fox News mendapati hasil 58 persen dari responden percaya bahwa Hillary korup. 

Seperti dikutip dari laman USA Today, melihat gambar itu, jagat media sosial pun gempar.

Josh Schwerin, Jurubicara untuk tim kampanye untuk Hillary langsung menggunggah komentar di akun Twitter-nya, dan mempertanyakan keberadaan "Bintang Daud" tersebut. "Kenapa ada ada Bintang Daud di sana?"

Zeke Miller, reporter politik Time pun mengunggah komentar sederhana, "Uh oh... (That star...)"

Sementara, penulis di Vox Matthew Iglesias menulis, "sebuah pilihan desain grafis yang menarik di sini."

Lalu, Josh Barro, editor senior Business Insider, juga mengomentari unggahan itu, "Wah, seru. Ada 'Bintang Daud' di atas tumpukan uang."

Unggahan pertama kali Trump tercatat dikirim dari akun @realDonaldTrump — akun resmi Donald Trump dalam persaingan untuk mencapai Gedung Putih, pada oukul 9:37 pagi waktu setempat.

Unggahan itu bertahan selama sekitar dua jam sebelum dihapus. Trump kemudian mengunggah gambar yag sama dengan mengganti gambar bintang dengan lingkaran. 

Namun tim kampanye Trump tidak menanggapi permintaan untuk komentar.

Tidak seperti unggahan lain di akun Twitter Trump, gambar tersebut diyakini dibuat dan diunggah dengan sengaja oleh kubu Trump.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com