Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Posisi "Selfie", Pria Ini Malah Hancurkan Patung Berusia 126 Tahun

Kompas.com - 08/05/2016, 21:28 WIB

LISBON, KOMPAS.com - Seorang pria yang berusaha membuat selfie malah menghancurkan sebuah patung Raja Portugal yang berusia 126 tahun.

Karya seni itu jatuh dan pecah ketika pria tersebut memanjat pijakan patung tersebut untuk mendapatkan posisi selfie terbaik.

Setelah mengetahui patung itu hancur akibat ulahnya, dia mencoba lari namun polisi berhasil menangkapnya dan segera mengajukannya ke pengadilan.

Patung Dom Sebastiao yang berukuran setinggi anak-anak itu, selesai dibuat pada 1890 dan merupakan bagian dari sebuah monumen yang dilindungi.

Patung itu menampilkan sang raja dengan raut wajah sedih sedang memegang pedang dan tameng pelindung.

Patung itu berdiri di antara dua gerbang berbentuk tapal kuda yang merupakan pintu masuk ke stasiun kereta api Rossio di pusat kota Lisbon, Portugal.

Dom Sebastiao, yang berkuasa antara 1557-1578, merupakan tokoh sejarah Portugal yang bernasib buruk. Dia tewas dalam usia 24 tahun di sebuah pertempuran di Maroko.

Jasad sang raja tak pernah bisa secara pasti dikenali, sehingga memunculkan legenda bahwa Dom Sebastiao akan datang kembali untuk mengklaim tahtanya dan menyelamatkan Portugal ketika terlilit masalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com