Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tabrak Burung Setelah "Take Off", Moncong Pesawat Penyok Lebar

Kompas.com - 28/04/2016, 21:41 WIB

SEATTLE, KOMPAS.com - Sebuah pesawat milik maskapai American Airlines harus kembali mendarat di Bandara Seattle, Amerika Serikat, sesaat setelah lepas landas.

Pesawat itu tak melanjutkan penerbangan setelah menabrak sekawanan burung sesaat setelah mengudara. Tabrakan ini menyebabkan bagian moncong pesawat tersebut penyok. 

Seperti diberitakan laman Sky News, Kamis (28/4/2016), pesawat dengan nomor penerbangan 2310 itu menghantam burung sesaat setelah lepas landas dari Tacoma International Airport, pukul 15.36 waktu setempat, Rabu kemarin.

Pesawat itu lalu berputar balik dan kembali mendarat pada pukul 16.25. Demikian dijelaskan oleh seorang jurubicara bandara tersebut.

Akibat benturan itu, sebuah lekukan besar terlihat jelas di bagian depan pesawat. Namun, kata Jurubicara tersebut, kondisi itu sesungguhnya tidak terlalu berbahaya bagi penerbangan.

Selanjutnya, sebagai bagian dari langkah investigasi atas insiden itu, pihak bandara di Seattle akan mengirim sisa-sisa burung tersebut ke Smithsonian untuk menentukan jenis burung tersebut. Demikian diberitakan The Seattle Times.

Sementara itu, jurubicara maskapai American Airlines, Ross Feinstein mengatakan, pesawat mendarat dengan selamat. "Saat ini, tim maintenance kami sedang melakukan evaluasi terhadap kondisi pesawat," kata dia. 

Para penumpang dalam penerbangan itu kemudian dipindahkan ke penerbangan lain, dengan tujuan sama yakni Dallas-Fort Worth, Texas.

Sebelumnya pilot menyebutkan kepada petugas air traffic controllers, pesawat itu menghantam sejumlah burung ketika melakukan lepas landas. "Kami harus kembali ke pangkalan dan memeriksa kondisi pesawat," kata pilot iru seperti dikutip ABC News.

Tercatat, ada 150 penumpang dan enam kru di atas pesawat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com