Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Mogok 24 Jam di Yunani, Bandara Pun Lumpuh Total

Kompas.com - 07/04/2016, 16:19 WIB

ATHENA, KOMPAS.com - Aktivitas penerbangan di Yunani lumpuh total, menyusul aksi mogok yang digelar para petugas lalulintas udara, selama 24 jam ke depan, Kamis (7/4/2016). Pemogokan terkait persoalan reformasi pensiun di negara itu.

Pemogokan akan berakhir pada pukul 20.59 GMT, sekitar pukul 4.00 WIB, Jumat (8/4/2016). Hal ini menyebabkan seluruh penerbangan dari dan ke negara itu berhenti total.

"Tidak ada kegiatan sama sekali hari ini," ungkap salah satu sumber di bandara Athena, seperti dikutip Kantor Berita AFP.

Tak cuma di bandara, aksi mogok juga terjadi di kantor-kantor pemerintahan, sekolah, bahkan rumah sakit. Aksi ini digagas oleh sebuah organisasi pekerja di Yunani, Adedy.

Tak hanya itu, para pekerja media pun melakukan aksi mogok serupa. Hal ini menyebabkan buntunya informasi di seputar Yunani baik di media televisi maupun online

Sementara itu ratusan orang  menggagas aksi long-march di jalur sepanjang 220 kilometer antara Patras, kota terbesar ketiga di Yunani, menuju Athena. Dalam aksi itu, mereka mengumandangkan seruan tentang hak-hak pekerja. 

Para pekerja di Yunani menuntut reformasi regulasi mengenai dan pensiun dan pemberlakuan pajak, yang sudah mereka kumandangkan sejak Juli tahun lalu. 

Sementara itu Perdana Menteri Alexis Tsipras berencana menurunkan angka maksimum pensiun menjadi 2,300 Euro dari 2.700 Euro. 

Pemerintah Yunani pun telah melakukan pembicaraan mengenai hal itu pada Senin lalu, bersama Uni Eropa, Lembaga Mekanisme Stabilisasi, Bank Centrak Eropa dan Dana Moneter Internasional (IMF).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com