Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaji PM Israel Dipotong untuk Operasional Mobil Anti-Peluru

Kompas.com - 17/03/2016, 11:09 WIB
TEL AVIV, KOMPAS.com - Lebih dari seperempat gaji PM Israel Benyamin Netanyahu dipotong untuk biaya operasional mobil anti-peluru yang digunakannya.

Netanyahu mendapatkan gaji bulanan 15.500 dollar AS atau sekitar Rp 206 juta. Namun, setelah dipotong pajak berbagai pengeluaran Netanyahu hanya membawa pulang sekitar tiga perempat gajinya.

Hal ini diketahui setelah slip gaji Netanyahu pada Februari lalu diunggah lewat akun Twitternya.

Berdasarkan aturan di Israel, gaji seorang pejabat negara harus sudah termasuk biaya penggunaan mobil, pajak dan nilai mobil tersebut.

Namun, slip gaji yang diunggah ke Twitter itu tidak mencantumkan biaya perawatan kediaman resminya di Jerusalem atau ongkos menginap di hotel mewah saat dia melakukan perjalanan dinas.

Selain itu, sebagai perdana menteri, Netanyahu harus bekerja minimal 42,5 jam per pekan. Durasi kerja yang bisa dipenuhi dalam beberapa hari oleh orang dengan tanggung jawab seperti Netanyahu.

Sebab, selain menjadi perdana menteri, Netanyahu juga merangkap menjadi menteri luar negeri, menteri ekonomi dan menteri komunikasi Israel.

Selama ini, media Israel mengecam gaya hidup Netanyahu dan istrinya, Sara yang berulang kali berkelit terkait biaya perawatan yang kelewat mahal untuk kedua kediaman mereka.

Pada 2013, Netanyahu membatalkan anggaran pengadaan es krim untuk kediamannya sebesar 2.565 dollar AS setahun.

Namun, dia membantah telah menggunakan uang negara untuk membeli makanan untuk anjing peliharaannya, Kaya.

Para politisi Israel memang tidak diwajibkan mengumumkan laporan jumlah kekayaan mereka, namun majalah Forbes memperkirakan kekayan Netanyahu di atas 10 juta dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com