Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nenek Ini Abaikan Diagnosis Kanker, Sehat Setelah Berkeliling AS

Kompas.com - 02/03/2016, 15:44 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Nenek berusia 90 tahun, warga Michigan, Amerika Serikat, ini mengabaikan diagnosis bahwa dia menderita kanker. Ia kemudian memilih untuk bepergian keliling AS dengan orang yang dikasihinya. Hasilnya, ia menjadi lebih sehat.

Wanita lanjut usia bernama Norma itu berkeliling AS ditemani putranya, Tim; menantunya, Ramie; dan anjing pudel Ringo. Kisah perjalanan mereka dimuat di akun Facebook-nya yang diberi nama "Driving Miss Norma".

Norma mengetahui bahwa ia terkena kanker dua minggu setelah kematian suaminya. Ia lalu menceritakan kepada putranya, Tim, sebelum diagnosis lebih lanjut yang membuat ia tidak tertarik untuk dirawat.

"Saya sudah 90 tahun, saya senang bepergian," katanya seperti dirilis United Press Internasional (UPI), Selasa (1/3/2016).

Tim dan istrinya, Ramie, kemudian menjelaskan kepada dokter bahwa mereka ingin berkendara membawa Norma keliling negeri dan berharap akan pulih dari kankernya.

"Seperti halnya dokter, kami juga mengetahui seperti apa pengobatan kanker setiap harinya," kata Tim. "Di ICU, rumah jompo, dan efek samping mengerikan. Terus terang, tak ada jaminan bahwa seseorang bisa terus bertahan sejak operasi pertama,” lanjut Tim.

Lantas, kata Tim, “Apa yang saya ingin lakukan dalam situasi ini. Melakukan perjalanan yang fantastis!"

Pada Agustus lalu, pihak keluarga membangun sebuah rumah mobil yang cukup besar dan memulai perjalanan ke Gunung Rushmore di South Dakota.

Dari Dakota, mereka lalu melanjutkan perjalanan ke bagian lain AS dan mengunjungi landmark lainnya serta tempat-tempat bersejarah, termasuk berkunjung ke Kennedy Space Center di Florida.

Menurut Rami kepada ABC News, selain Norma melihat situs bersejarah dan menyedot perhatian lebih dari 100.000 orang di Facebook-nya, tampaknya membuat kesehatannya membaik.

"Dia semakin sehat, saya pikir, dari makan yang baik dan lebih banyak berada di luar rumah. Dia menghirup udara segar dan memiliki waktu untuk melihat banyak hal baru setiap saatnya," katanya. "Ditemani orang yang dicintainya benar-benar penting."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com