Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Kanada Bakal Jadi Pemimpin Negara Pertama yang Ikuti Pawai Gay

Kompas.com - 24/02/2016, 15:24 WIB
TORONTO, KOMPAS.com — Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau bakal menjadi pemimpin negara pertama yang berpartisipasi dalam pawai gay.

Berdasarkan berita yang dilansir BBC Indonesia, Rabu (24/2/2016), Trudeau dijadwalkan ambil bagian dalam pawai yang digelar pada 3 Juli 2016.

Dia akan berpawai bersama Wali Kota Toronto John Tory dan Gubernur Provinsi Ontario Kathleen Wynne. Kathleen adalah gubernur lesbian pertama di Kanada.

Dalam kicauan di Twitter, Trudeau menulis, "Sangat menantikan ke acara itu lagi, kali ini sebagai perdana menteri."

Pihak penyelenggara menyambut gembira rencana kehadiran Trudeau. "Ini berita besar di Kanada dan juga berita besar di seluruh dunia," kata Ketua Panitia Penyelenggara Pawai Gay Toronto, Mathieu Chantelois, kepada BuzzFeed Kanada. 

"Tidak hanya dia sebagai politikus terseksi, tetapi juga belum pernah ada pemimpin negara yang ikut pawai ini, setidaknya sepengetahuan kami,” kata dia lagi.

Trudeau, yang berafiliasi dengan Partai Liberal, berkuasa sejak Oktober lalu, setelah melengserkan Stephen Harper dari kubu konservatif.

Pria itu mengedepankan isu kesetaraan dalam kampanyenya. Hal ini dibuktikan dengan rencananya menyambut 25.000 pengungsi Suriah pada akhir bulan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com