Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Konsentrasi, Pria Rusia Main Catur Sambil Berendam di Danau Beku

Kompas.com - 23/02/2016, 06:00 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com - Beberapa orang Rusia memiliki cara cukup unik, jika tak mau dikatakan gila, untuk meningkatkan stamina dan konsentrasi mereka.

Dua orang atlet renang musim dingin Dennis dan Roman memilih cara bermain catur di dalam kolam berisi air es untuk menguji stamina dan konsentrasi mereka.

Aksi ini mereka lakukan di sebuah danau di Pegunungan Ural, Rusia. Keduanya masuk ke dalam air dengan suhu sekitar 5 derajat celcius dan kemudian bermain catur.

"Keuntungan dari melakukan ini adalah Anda harus menggenjot stamina mental dan fisik, untuk melihat sejauh mana tubuh manusia bisa mengatasi masalah yang dialami dalam hidup," ujar Dennis, saat rekannya sedang memikirkan langkah bidak caturnya.

"Bermain catur di air sedingin es ini membantu kami berkonsentrasi. Tak ada yang teknik yang memungkinkan seseorang berendam terlalu lama di dalam air dingin dan ini adalah keuntungan dari bermain catur," tambah dia.

Sementara Roman mengatakan, saat pertama kali masuk ke dalam air dingin itu maka dirinya sempat merasa takut.

"Namun saat ketakutan itu teratasi maka semua bisa dilalui. Anda hanya harus menguji stamina dan kekuatan fisik," ujar Roman.

Kedua pria itu mengatakan, kecepatan adalah kunci kesuksesan dalam laga catur di dalam air dingin. Sebab, suhu air yang menekati nol derajat memaksa mereka dengan cepat menjalankan bidak catur.

Alhasil, setiap permainan yang mereka lakukan hanya berlangsung kurang lebih selama 10 menit. Lomba catur di kolam air dingin ini digelar di Danau Shartash, wilayah timur Yekaterinburg, Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com