Selasa, 28 Maret 2017

Internasional

Robot Piano Ini Mampu Mainkan Semua Lagu yang Anda Mau...

Selasa, 16 Februari 2016 | 10:00 WIB
MIRROR Piano Edelweiss yang dipajang di halaman Kampus Cambridge, Inggris.
CAMBRIDGE, KOMPAS.com - Sebuah grand piano diletakkan di halaman luar Cambridge University, Inggris. Berbeda dengan piano pada umumnya, piano tersebut ternyata bisa memainkan lagu sendiri.

Bilah-bilah tuts pada kibor pun bergerak naik dan turun seolah ada yang memainkannya. Ya, grand piano itu adalah "robot" yang dirancang oleh Cambridge Firm Edelweiss.

Tak ayal, keberadaan piano "ajaib" di pekarangan kampus itu mengundang perhatian hampir semua orang yang melintas.

Tak hanya mahasiswa, para wisatawan dan anak-anak yang melintas di sana pun berhenti dan memberi perhatian kepada piano tersebut.

Ada dari mereka yang ikut bernyanyi, menari, mencoba ikut bermain piano, hingga melihat-lihat ke bagian dalam dari alat musik seharga 9.000 poundsterling tersebut.

Direktur dari Cambridge Firm Edelweiss, Ross Norman, seperti dilansir Mirror.co.uk, Senin (15/2/2016) mengatakan, piano ini mampu membawa suasana konser ke mana pun.

"Siapa pun anda, kami berharap piano ini bisa membawa 'live music' ke ruang keluarga atau di mana pun Anda berada," kata Ross.

"Saya membayangkan, piano ini bisa menjadi teman ketika sedang bersantai bersama kawan-kawan dengan ditemani suasana konser, ataupun menikmati sore dengan teh hangat di lobi hotel," sambungnya. 

Dalam penjelasan sederhana, piano ini dipadukan dengan teknologi playback terbaru dan speaker mutakhir.

Sehingga, suara yang dihasilkan sama dengan suara piano tradisional. Kecuali jika piano tersebut diminta memainkan lagu dengan "full audio" lengkap dengan vokal dan suara latar.

Cara "memerintah" piano itu adalah dengan menggunakan sebuah iPod yang ditanam di dalamnya. Pengguna cukup memilih lagu di dalam iPod tersebut, untuk kemudian piano akan memainkannya. Mulai dari lagu Elton John hingga Mozart mampu dimainkan dengan apik.

iPod tersebut disimpan di laci tersembunyi di dalam piano. Dalam setiap piano Edelweiss, iPod sudah dilengkapi 400 lagu dari beragam genre -mulai dari piano tunggal klasik, jazz, country, hingga musik pop bahkan rock.

Selanjutnya, ribuan lagu dapat dengan mudah dimainkan setelah pemiliknya mengunduh lagu ke dalam iPod tersebut. 

Editor : Glori K. Wadrianto
Sumber: Mirror.co.uk,