Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petinggi Al Qaeda Yaman Tewas dalam Serangan "Drone" AS

Kompas.com - 04/02/2016, 16:14 WIB

ADEN, KOMPAS.com — Serangan udara yang diyakini telah dilancarkan pesawat tak berawak (drone) AS di Yaman selatan, Kamis (4/2/2016), menewaskan seorang pimpinan terkemuka Al Qaeda cabang negara itu. Keluarga pemimpin Al Qaeda tersebut mengemukakan hal itu.

Jalal Belaidi, alias Abu Hamza, komandan puncak Al Qaeda di Semenanjung Arab atau AQAP, tewas bersama dua pengawalnya di daerah Maraqesha, Provinsi Abyan.

Amerika Serikat merupakan satu-satunya negara yang diketahui mengoperasikan drone bersenjata di atas Yaman, basis AQAP. Washington menganggap AQAP sebagai afiliasi Al Qaeda yang paling berbahaya.

Sebuah sumber suku, setelah melakukan kontak dengan para militan AQAP di daerah itu, juga membenarkan kematian Belaidi.

Belaidi, yang lahir di Abyan, pada masa lalu bertugas sebagai pemimpin Al Qaeda di Zinjibar. Namun, ia dikatakan telah naik pangkat menjadi komandan militer AQAP.

Rabu malam, serangan pesawat tak berawak menewaskan enam tersangka anggota AQAP di Provinsi Shabwa. Demikian kata seorang pejabat keamanan.

Kaum militan, termasuk AQAP, dan Negara Islam atau ISIS, telah menguasai wilayah di selatan Yaman. Para petempur AQAP merebut kota Azan di Shabwa pada awal pekan ini.

Militan Al Qaeda mengendalikan ibu kota Provinsi Abyan, Zinjibar, dan kota terdekat Jaar. Mereka bergerak bebas antara Hadramawt, Shabwa, dan Abyan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com