Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan "Drone" Tewaskan 6 Anggota Al Qaeda di Yaman

Kompas.com - 04/02/2016, 14:20 WIB
ADEN, KOMPAS.com - Sebuah serangan udara, yang diyakini telah dilakukan pesawat tak berawak (drone) AS, menewaskan enam tersangka anggota Al Qaeda di Yaman selatan, kata seorang pejabat keamanan, Kamis (4/2/2016).

Pesawat perang tak berawak itu menyasar sebuah kendaraan Al Qaeda di daerah Rodhoum, di Provinsi Shabwa, pada Rabu malam. Serangan tersebut menewaskan enam penumpang kendaraan tersebut, kata pejabat itu.

Amerika Serikat merupakan satu-satunya negara yang diketahui telah mengoperasikan drone bersenjata di atas wilayah Yaman.

Yang merupakan basis kelompok afiliasi Al Qaeda yang dianggap paling berbahaya, yang dikenal dengan sebutan Al Qaeda di Semenanjung Arab atau Al-Qaeda in the Arabian Peninsula (AQAP).

Drone telah melancarkan serangan terhadap kaum militan selama berbulan-bulan pertempuran antara pasukan pro-pemerintah dan pemberontak Houthi yang didukung Iran yang mengendalikan ibukota.

Kelompok militan, termasuk AQAP dan Negara Islam atau ISIS, telah menguasai wilayah selatan Yaman. Para petempur AQAP pada awal pekan ini telah merebut kota Azan di Shabwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com