Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Foti, Sutradara di Balik Pesta Kembang Api di Australia Selama 200 Tahun

Kompas.com - 31/12/2015, 20:30 WIB

KOMPAS.com — Pesta kembang api di sekitar Gedung Opera dan Sydney Harbour Bridge selalu menjadi tontonan yang menarik perhatian setiap malam pergantian tahun.

Siapa menyangka, di balik kemeriahan pesta itu terdapat sebuah perusahaan keluarga yang turun-temurun, selama lebih dari 200 tahun, mengerjakan pesta kembang api tersebut.  

Keluarga Foti adalah sutradara sekaligus operator pesta kembang api pada setiap pergantian tahun di Sydney. Bisnis keluarga ini telah berjalan sejak tahun 1793.

Adapun pesta kembang api pada pergantian tahun kali ini menjadi yang pertama bagi Angie Foti, gadis berusia 18 tahun dari generasi kedelapan keluarga Foti.

Ia mengakui bahwa persiapan menyambut pergantian tahun ini adalah pekerjaan yang berat.

"Mulai dari memasukkan dan mengisi bahan bakar serta urusan percikan kembang api, saya berada di jembatan (Sydney Harbour Bridge) seharian penuh kemarin," ujar Angie.

"Pekerjaan yang mengasyikkan, tetapi sekaligus menegangkan juga," katanya.

Kakak Angie, Elena, yang berusia 21 tahun, sebelumnya telah bekerja di bagian pertunjukan. Menurut Elena, pekerjaan ini sangat melelahkan secara fisik.

Sementara itu, sang ayah mengaku sangat bangga dengan anak-anaknya yang kini sudah terlibat dalam bisnis keluarga tersebut.

"Ada delapan anggota keluarga yang terlibat dalam bisnis saat ini, termasuk dua anak gadis saya. Jadi, ini sangat spesial," ujar Fortunato Foti. "Sepertinya memang sudah turunan," ujar dia.

Foti mengaku berperan sebagai produser. Ia dan keluarganya harus merencanakan sebaik-baiknya segala hal yang bisa dilakukan agar pertunjukan ini bisa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com