Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesir Tewaskan Komandan Lokal ISIS

Kompas.com - 10/11/2015, 10:42 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

KAIRO, KOMPAS.com - Kementerian Dalam Negeri Mesir, Senin (9/11/2015), menyatakan telah menewaskan salah seorang komandan kelompok militan lokal yang berafiliasi dengan Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS.

Ashraf Ali Ali Hassanein al-Gharabli merupakan salah satu petinggi di kelompok Provinsi Sinai, kelompok militan yang beroperasi di pegunungan Sinai dan telah menyatakan kesetiaannya terhadap ISIS. Ashraf yang sudah lama diburu itu tewas ditembak.

Selama ini dia diyakini sebagai dalang dari sejumlah serangan bom dan pembunuhan di Kairo, seperti pembunuhan terhadap pekerja Amerika dan Kroasia. Pemerintah Mesir tidak menyebutkan apakah penembakan terhadap Ashraf berkaitan dengan investigasi kecelakaan pesawat Kogalymavia 9268 yang jatuh di Sinai pada Sabtu (31/10).

Kelompok militan itu mengklaim telah menjatuhkan pesawat nahas tersebut. Nmun tidak menjelaskan lebih jauh metode apa yang mereka gunakan. Klaim itu semula ditanggapi skeptis oleh pemerintah Mesir, Rusia, dan intelijen Amerika.

Namun investigasi dan analisa intelijen lebih lanjut telah memperkuat dugaan bahwa kelompok itu menaruh bom di pesawat tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com