Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meja Pecah Saat Pesta, Mantan PM Australia Bayar Ganti Rugi

Kompas.com - 20/10/2015, 14:32 WIB
CANBERRA, KOMPAS.com — Mantan Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, akan membayar uang pengganti untuk meja marmer yang pecah saat pesta perpisahannya.

Pernyataan itu dilakukan sesudah masalah ini disinggung oleh kalangan oposisi. Abbott mengatakan, "Pesta itu merupakan acara saya, maka saya mengambil tanggung jawabnya."

Meja marmer itu harganya 590 dollar Australia saat dibeli lebih dari dua puluh tahun lalu.

Abbott digulingkan dari posisinya sebagai Ketua Partai Liberal bulan lalu menyusul anjloknya dukungan terhadapnya.

Para petugas kebersihan menemukan pecahan-pecahan meja marmer itu pada 15 September, sehari sesudah Abbott digulingkan. Demikian informasi yang diungkapkan dalam sidang sebuah komite parlemen.

Dalam sidang komite itu juga diungkap bahwa ada sebuah e-mail dari pejabat dinas pelayanan parlemen yang menyiratkan bahwa meja itu "mungkin rusak karena ada orang yang berdiri atau menari di atasnya."

Dalam pernyataannya, Abbott mengatakan, "Pada malam pergantian kepemimpinan itu, saya menyelenggarakan jamuan minum untuk staf dan rekan-rekan. Dalam acara itu, sebuah meja telah rusak."

"Saya sudah meminta dinas pelayanan parlemen untuk mengirimkan tagihan kepada saya (senilai) harga meja itu."

Namun, Cory Bernardi, politikus dari Partai Liberal yang berkuasa, menyerukan agar hal itu tidak dilebih-lebihkan. Dia mengatakan, e-mail yang menyiratkan penyebab rusaknya meja itu "sangat spekulatif".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com