Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terdakwa Peledakan Bom di Kereta Mumbai 2006 Terancam Hukuman Mati

Kompas.com - 11/09/2015, 16:44 WIB
INDIA, KOMPAS.com - Pengadilan di bagian barat kota Mumbai, India, menjatuhkan vonis bersalah terhadap 12 pria atas peran mereka dalam pengeboman di kereta pada 2006.

Dua belas pria itu dituduh mengobarkan perang dengan negara, konspirasi dan pembunuhan. Satu orang dibebaskan dari tuduhan.

Hukuman untuk para terdakwa ini diperkirakan akan diumumkan Senin (14/9/2015) mendatang, dan sejumlah orang yang telah divonis bersalah terancam hukuman mati.

"Kami akan berdoa untuk memberikan hukuman yang teliti (untuk pelaku yang bersalah)," kata jaksa penuntut umum Raja Thakre kepada wartawan.

Tujuh ledakan bom terjadi di kereta pada jam sibuk di sore hari 11 Juli 2006.

Rangkaian peristiwa ledakan bom berseri yang terjadi pada 11 Juli 2006 itu menewaskan 189 orang dan lebih dari 800 orang terluka.

India menuduh kelompok militan Lashkar-e-Taiba yang berbasis di Pakistan bertanggung jawab atas ledakan tersebut, tetapi dibantah oleh Pakistan.

Bom tersebut disimpan dalam tujuh panci tekan dan diletakkan di dalam tas. Sejumlah ledakan bom itu masing-masing hanya berselang 15 menit.

Ledakan yang terjadi di Matunga, Khar, Mahim, Jogeshwari, Borivali dan Mira Road, di kereta yang tengah melaju dan dua bom di stasiun.

Tampaknya bom itu ditujukan untuk penumpang kelas satu, ketika kereta itu melaju dari distrik keuangan menuju pinggiran kota Mumbai.

Lebih dari 200 saksi memberikan keterangan dalam sidang yang berlangsung selama tujuh tahun.

Jaksa mengatakan, serangan itu direncakanan oleh intelejen Pakistan ISI, dan dilakukan oleh kelompok militan Lashkar-e-Taiba dengan bantuan dari kelompok pemuda Gerakan Islam India, yang dilarang di India.

Serangan bom

  • Maret 1993 : Rangkaian ledakan menewaskan 257 orang dan 7 orang terluka.
  • 13 Agustus 2003 : Empat serangan bom menewaskan 52 orang.
  • Juli 2006 : Tujuh bom terjadi di kereta yang padat dengan jarak waktu ledakan yang hanya berselang 11 menit, 189 orang terluka 817 orang.
  • November 2008 : Pria bersenjata melaukan rangkaian serangan di tujuh lokasi terkenal termasuk dua hotel mewah, stasiun kereta komuter, rumah sakit, restoran dan Pusat Yahudi menewaskan 165 orang. Kelompok militan yang berbasis di Pakistan dituduh bertanggung jawab atas seranga tersebut. Sembilan orang penyerang tewas. Dan warga negara Pakistan Mohammad Ajmal Amir Qasab, yang ditangkap hidup-hidup, dihukum gantung pada 2012.
  • Juli 2011 : Tiga ledakan simultan terjadi di sore hari yang padat di Mumbai menewaskan 18 orang dan 131 terluka.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com