Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedua Korea Saling Bertukar Tembakan Artileri di Perbatasan

Kompas.com - 20/08/2015, 17:18 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Militer Korea Utara, Kamis (20/8/2015), melepaskan tembakan melintasi perbatasan ke wilayah Korea Selatan yang langsung mendapatkan respon tembakan artileri.

Sejumlah media Korea Selatan mengabarkan, militer Korea Utara nampaknya mengincar sebuah pengeras suara di sebuah kota perbatasan yang dalam beberapa waktu belakangan mengumandangkan slogan-slogan anti-Pyongyang.

Stasiun televisi milik pemerintah Korea Selatan, KBS News yang mengutip pernyataan seorang perwira militer mengatakan Korea Utara melepaskan tembakan sekitar pukul 16.00 waktu setempat.

Sementara itu, kantor berita Yonhap mengabarkan tembakan itu tidak mengakibatkan kerusakan berarti. Meski demikian militer Korea Selatan langsung merespon dengan melepaskan puluhan tembakan artileri kaliber 155 milimeter ke arah tembakan dilepaskan.

Peluru yang dilepaskan Korea Utara nampaknya mendarat di kawasan pegunungan dekat sebuah pangkalan militer di kota Yeoncheon. Area tempat peluru Korea Utara itu jatuh masih merupakan kawasan demiliterisasi yang berjarak sekitar 60 kilometer di sebelah utara Seoul.

Ini adalah insiden saling tukar tembakan antara kedua negara sejak Oktober tahun lalu, ketika sejumlah prajurit Korea Utara mendekati perbatasan dan tidak mundur saat tembakan peringatan dari Selatan dilepaskan.

Pasukan Korea Utara malah balas melepaskan tembakan dan baku tembak itu berlangsung sekitar 10 menit, beruntung tak mengakibatkan korban jiwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com