Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Bangun Taman Bermain Anak-anak Bertema Militer

Kompas.com - 17/06/2015, 22:47 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com - Pemerintah Rusia membangun sebuah taman bermain bertema militer di mana anak-anak negeri itu bisa mengendarai tank, bermain peluncur roket dan menyantap ransum tentara.

Tempat bermain itu dinamai Taman Patriot bertempat di Kubinka yang berjarak satu jam berkendara dari ibu kota Moskwa. Di taman ini selain permainan berbau militer juga menyediakan roller coaster.

Selain itu dijual pula cindera mata bertema Presiden Vladimir Putin mulai dari magnet kulkas, bungkus iPhone, jaket pilot pesawat bomber yang dihiasi wajah Putin.

Pembangunan taman bermain militer ini menghabiskan biaya 20 miliar rubel atau hampir Rp 5 triliun dan dijadwalkan mulai beroperasi penuh pada 2017.

Taman Patriot ini dirancang untuk mampu menampung puluhan ribu pengunjung setiap hari dan bisa memamerkan reksntruksi pertempuran-pertempuran terkenal yang dimenangkan militer Rusia atau Uni Soviet.

Meski baru beroperasi penuh pada 2017, namun taman ini sudah diresmikan Presiden Vladimir Putin pada Selasa (16/6/2017). Dalam peresmian ini Putin sekaligus mengumumkan kehadiran 40 misil nuklir antarbenua baru ke dalam sistem persenjataan negeri itu.

Dalam pidato singkatnya, Putin mengatakan Rusia tengah mengembangkan sistem persenjataan baru yang "tak ada duanya di dunia", termasuk tank generasi baru Armata.

Peresmian taman ini dihadiri banyak tokoh Rusia, termasuk Sergei Privalov, seorang imam Gereja Ortodoks Rusia.

"Saya kira taman ini adalah hadiah bagi warga Rusia yang kini bisa menyaksikan kekuatan angkatan bersenjata Rusia," ujar Privalov.

"Berada di tempat ini memberikan rasa kepercayaan diri dan keyakinan bahwa kita bisa mempertahankan negeri ini. Anak-anak harus datang, bermain dengan senjata atau memanjat tank dan melihat teknologi terbaru yang belum pernah mereka lihat," tambah Privalov.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com