Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Pakai Transponder, Pesawat Militer Rusia Hampir Tabrak Pesawat Komersil

Kompas.com - 14/12/2014, 06:39 WIB

STOCKHOLM, KOMPAS.com - Pesawat jet militer milik Rusia hampir menabrak pesawat komersil yang lepas landas di bandara di Denmark. Menurut militer Swedia, peristiwa itu terjadi setelah pesawat penumpang tiba dari Bandara Internasional Copenhagen.

"Kami telah konfirmasi, pesawat jet itu adalah milik Rusia," kata Johannes Hellqist, juru bicara militer Swedia kepada AFP.

Peristiwa itu terjadi di tengah kekhawatiran konflik di wilayah Baltik. Rusia menguatkan pertahanan udaranya dengan melanggar wilayah udara negara tetangganya. Kekhawatiran itu muncul lantaran peran Rusia di krisis Ukraina.

Kedua jet tempur Swedia dan Denmark langsung dikerahkan menyikapi peristiwa yang terjadi pada Jumat lalu.

Di sisi lain, Menteri Pertahanan Swedia Peter Hultqvist mengutip sebuah kantor berita TT yang mengatakan Rusia tidak sepenuhnya melanggar wilayah udara negara lain.

Hulqvist menjelaskan, pesawat jet Rusia terbang tanpa menggunakan transponder, alat identifikasi elektronik di pesawat yang membuatnya terlihat di radar milik pesawat lain. Karena itu, Hulqvist menilai Rusia telah bertindak "tidak bertanggungjawab" lantaran pesawatnya yang terbang tanpa transponder.

"Resiko bisa saja terjadi kecelakaan yang menyebabkan banyak orang mati," katanya.

Pesawat berpenumpang yang hampir bertabrakan itu pun tidak langsung diketahui. Menurut media Denmark, Politiken, pesawat tersebut dalam perjalanan ke Polandia.

Pada bulan Maret tahun ini, kecelakaan juga hampir saja terjadi ketika pesawat dari Maskapai Scandinavia mendekati 100 meter pwsawat Rusia. Menteri Pertahanan Polandia, Tomasz Siemoniak mewanti-wanti akan adanya aktivitas udara Rusia di wilayah Baltik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com