Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Pria di China Beli Mobil dengan Uang Koin Seberat 4 Ton

Kompas.com - 07/06/2015, 08:44 WIB
KOMPAS.com - Seorang pria di China membayar mobil barunya dengan menggunakan 660.000 koin dan 20.000 lembar uang kertas pecahan kecil.

Pembeli mobil, yang diidentifikasikan sebagai Gan, menyerahkan koin-koin dalam jumlah yang sangat besar kepada penjual mobil di dekat kota Shenyang, seperti dilaporkan oleh televisi Liaoshen Evening News.

Setiap koin dan lembaran uang kertas itu masing-masing bernilai satu yuan atau sekitar Rp 2.159, dan total berat koin-koin tersebut mencapai sekitar empat ton.

Tumpukan ratusan ribu koin tersebut membutuhkan tempat lebih dari 4 meter di ruang pamer mobil.

Gan menjelaskan, dia membayar mobil secara tunai karena dia mengumpulkan koin-koin pecahan kecil dalam jumlah yang sangat besar dan didapat dari SPBU tempat dia bekerja. "SPBU kami terletak di pinggiran kota, dan di sana hanya terdapat beberapa bank. Jadi kami tidak mendepositokan koin dan memutuskan menggunakannya untuk membeli mobil perusahaan kami," kata dia.

Sebelumnya, pembeli ini telah memperingatkan para staf perusahaan penjual mobil mengenai metode pembayarannya yang tidak lazim, dan uang tunai itu dikemas dalam beberapa paket kecil.

Petugas di ruang pamer mobil butuh waktu lebih dari satu jam untuk mengangkut seluruh uang tunai tersebut ke dalam kantor mereka.

Kemudian, para staf perusahaan mobil kemudian mengangkut tumpukan ratusan ribu koin kembali untuk membawanya ke bank.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com