Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Shindake di Jepang Meletus, Warga Dievakuasi

Kompas.com - 29/05/2015, 11:23 WIB
TOKYO, KOMPAS.com - Pemerintah Jepang, Jumat (29/5/2015), memerintahkan evakuasi warga setelah Gunung Shindake di Pulau Kuchinoerabu meletus. Badan Metorologi Jepang mengatakan asap hitam yang disemburkan gunung itu mencapai ketinggian 9.000 meter dan dibarengi gempa vulkanis selama lima menit.

Juru bicara pemerintah Jepang, Yoshihide Suga mengatakan sejauh ini tak dilaporkan adanya korban luka atau tewas dalam kejadian itu.

Suga menambahkan, kurang dari dua jam setelah gunung meletus seluruh 137 orang penduduk Pulau Kuchinoerabu sudah dipindahkan ke pusat evakuasi untuk menunggu kapal-kapal pasukan penjaga pantai.

Seorang pemimpin warga pulau, Nobuaki Hayashi kepada NHK mengatakan letusan yang terjadi sekitar pukul 10.00 itu telah membuat suasana pagi menjadi gelap gulita.

"Asap gelap membubung tinggi, saya tak tahu seberapa tinggi, yang jelas semua menjadi gelap," kata Hayashi.

Gunung ini sudah diawasi ketat sejak meletus tahun lalu. Pemerintah juga sudah menetapkan zona bahaya dengan radius dua kilometer. Namun, para pakar gunung berapi dengan cepat meningkatkan bahaya ke level lima, sehingga memicu perintah evakuasi.

Direktur Vulkanologi Badan Meteorologi Jepang, Sadayuki Kitagawa memperingatkan bahaya letusan gunung belum berakhir.

"Sangat mungkin letusan dengan skala yang sama terjadi di masa depan. Kami memperingatkan warga akan bahaya materi letusan dan meminta warga mengikuti perintah evakuasi," ujar Kitagawa.

Sementara itu, PM Shinzo Abe mengatakan sudah memobilisasi "semua fungsi pemerintahan", termasuk kapal-kapal penjaga pantai dan helikopter pemerintah, untuk memastikan keselamatan warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com