Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Terbitkan Buku Panduan Hidup di Wilayahnya

Kompas.com - 20/05/2015, 22:04 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com - Sebuah buku petunjuk bagi mereka yang ingin tinggal di wilayah  kekhalifahan yang diproklamirkan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) sudah terbit dan diunggah di internet.

Buku setebal 46 halaman itu ditulis oleh seorang anggota ISIS asal Inggris yang bergabung dengan kelompok itu di Suriah tahun lalu.

Buku berjudul Brief Guide to the Islamic State, ditulis dengan gaya bahasa seperti petunjuk perjalanan liburan. Demikian laporan wartawan BBC untuk masalah Timur Tengah, Sebastian Usher.

Gaya penulisan dalam buku ini menggunakan bahasa populer sehari-hari dan tidak menyebutkan kekerasan ekstrem, seperti pemenggalan atau pembakaran hidup-hidup, yang dilakukan ISIS dan disebarkan lewat internet.

Dalam buku itu, wilayah-wilayah yang dikuasai ISIS di Irak dan Suriah digambarkan seperti layaknya tujuan wisata.

"Jika Anda khawatir meninggalkan 'Costa Coffee' di tempat Anda, maka Anda akan senang bahwa kekhalifahan juga menyediakan beberapa latte dan cappucino yang terbaik," seperti tertulis dalam satu bagian buku tersebut.

Selain itu juga disebutkan bahwa orangtua bisa tenang karena 'benak polos' anak-anak mereka akan dilindungi dari pelajaran yang mempromosikan homoseksual, evolusi, musik, dan drama.

Penulisnya adalah Abu Rumaysah al Britani, pria asal Walthamstow, London timur. Dia pernah beberapa kali tampil di media Inggris dan selalu memuji ISIS.

Dia ditangkap karena memiliki bahan-bahan terlarang milik ISIS namun melarikan diri saat dibebaskan dengan jaminan dan diyakini sudah berada di Suriah bersama keluarganya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com