Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Buronan di China Ditangkap Usai Unggah "Selfie" ke Media Sosial

Kompas.com - 12/05/2015, 19:12 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Kepolisian China berhasil menangkap seorang buronan karena kebodohan si penjahat. Dia mengunggah foto selfie dirinya saat tengah berlibur di sebuah tempat wisata ke media sosial.

Buronan berusia 27 tahun bernama Qin itu lolos dari kejaran polisi hampir selama setahun setelah dibayar untuk membunuh seseorang. Saat itu dia berhasil menyerang targetnya, seorang warga sebuah desa di provinsi Henan, hingga luka parah.

Setelah melakukan aksinya, Qin menghilang dan polisi kesulitan menemukan jejak pria ini. Namun, pada 3 Mei lalu yang merupakan hari terakhir liburan Hari Buruh, wajah Qin muncul di layanan berbagi foto dan pesan WeChat.

Di situ, terdapat selfie Qin yang diambil di Gunung Wudang, provinsi Hubei, di sebelah selatan provinsi Henan. Foto selfie itu sendiri tanpa sengaja disebarkan kawan Qin dan kebetulan terpantau oleh polisi.

Kemunculan foto itu membuat kepolisian Gunung Wudang dengan cepat menemukan lokasi foto itu diambil. Singkat cerita, polisi berhasil menangkap Qin pada 5 Mei lalu di lokasi yang tak jauh dari tempat foto itu diambil.

Kepada polisi, Qin mengatakan, dia bergabung dengan sekelompok teman dalam sebuah tur di kawasan pegunungan itu. Dia yakin bahwa tempat paling berbahaya adalah tempat paling aman untuk bersembunyi.

Qin bahkan selama ini tinggal di sebuah hotel mewah, tepat di sebelah markas kepolisian Gunung Wudang. Qin mengatakan, dia mengunggah selfie itu pada saat perjalanan tur ke pegunungan tersebut membuatnya santai dan melupakan sejenak statusnya sebagai seorang buronan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com