Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Api Lalap Hutan di Cile, Ribuan Orang Mengungsi

Kompas.com - 15/03/2015, 11:07 WIB
SANTIAGO, KOMPAS.com - Pemerintah Cile mengumumkan keadaan darurat negara saat kebakaran api melanda hutan dekat Kota Valparaiso. Akibatnya, ribuan orang terpaksa diungsikan.

Kementerian Dalam Negeri Cile menyatakan sedikitnya 4.500 orang telah diungsikan dan 10.000 orang lainnya siap dipindahkan dalam waktu dekat.

Lalapan api dimulai dekat lokasi penimbunan sampah illegal pada Jumat (13/3/2015) sore waktu setempat. Namun, karena angin kencang, kobaran api meluas ke hutan.

Sejauh ini, Badan Penanganan Darurat Cile memperkirakan lahan seluas sekitar 300 hektare telah terimbas kebakaran.

Agar kebakaran tidak meluas, regu-regu pemadam kebakaran telah dikerahkan di sekitar Kota Valparaiso dan Kota Vina del Mar. Namun, sebanyak tiga petugas pemadam mengalami cedera dan seorang perempuan berusia 67 tahun meninggal dunia akibat infeksi saluran pernapasan.

Daerah sekitar Kota Valparaiso pernah mengalami kebakaran pada April 2014 lalu. Kala itu, insiden tersebut menewaskan 15 orang, mencederai lebih dari 500 orang, dan merusak sedikitnya 3.000 rumah.

Komunitas warga miskin merupakan yang paling parah terkena bencana itu karena rumah mereka terbuat dari kardus dan kayu. Bahkan, beberapa orang ditemukan meninggal di dalam rumah-rumah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com