Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Eksekusi Dua Orang Anggota Aliran Sesat

Kompas.com - 02/02/2015, 18:07 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah China telah mengeksekusi dua anggota aliran sesat dalam kasus pembunuhan seorang perempuan di restoran McDonald di Shandong.  Demikian dijelaskan pihak pengadilan Shandong, Senin (2/2/2015) pagi lewat media sosial Weibo.

Zhang Lidong dan anak perempuanya Zhang Fan merupakan anggota dari Gereja Aliran "Tuhan Yang Maha Kuasa" yang dilarang pemerintah.

Mereka merupakan bagian dari sebuah kelompok yang berupaya untuk merekrut korban yang berusia 35 tahun, Wu Shuoyan, menjadi anggota. Upaya perekrutan itu terjadi di sebuah restoran di kota Zhaoyuan pada Mei 2014.

Kedua anggota kelompok sesat itu terbukti bersalah pada Oktober tahun lalu. Ketiga anggota lain kelompok itu dijatuhi hukuman penjara antara tujuh tahun sampai seumur hidup.

Pengadilan mengatakan Zhang Fan telah meminta nomor telepon Wu sebanyak dua kali. Ketika korban menolak, kelompok itu yakin Wu "dipengaruhi setan" dan Zhang Fan melemparnya dengan kursi.

Sejumlah anggota kelompok itu lalu ikut menyerang dan memukul dia dengan alat pengepel lantai yang dibawa Zhang Lidong, yang juga menampar wajah dan kepala Wu. Korban tewas di lokasi kejadian akibat luka-luka yang dialaminya.

Zhang Lidong mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia yakin Wu merupakan seorang iblis dan "kami harus menghancurkan dia". Setelah kasus pembunuhan itu, otoritas China kemudian menangkap sekitar 400.000 para pengikut aliran sesat dalam kurun waktu 2011-2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com