Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara dan Polisi Gendut di Bolivia Tidak Boleh Naik Pangkat

Kompas.com - 15/12/2014, 16:20 WIB

LA PAZ, KOMPAS.com — Angkatan bersenjata dan kepolisian Bolivia sudah mulai mencatat para anggotanya yang kelebihan berat badan setelah Presiden Evo Morales mengeluh bahwa terlalu banyak di antara mereka yang tidak bugar.

Para pejabat militer mengatakan, mereka akan mendata berat badan semua personelnya sebelum dilakukan ujian-ujian profesi untuk mengaitkan antara kenaikan pangkat dan kebugaran tubuh.

Menteri Pertahanan Ruben Saavedra mengatakan bahwa para tentara "harus dipersiapkan, baik dalam segi intelektual maupun segi fisik".

Sementara itu, kepolisian juga sudah melarang petugasnya yang kelebihan berat badan untuk mengenakan pakaian seragam sampai mereka berhasil menurunkan berat badan. Tindakan ini mungkin sudah membuahkan hasil walaupun tidak terduga.

Di kota Oruro di sebelah selatan La Paz, dua orang petugas polisi yang melakukan patroli dalam pakaian sipil berhasil menangkap pencuri di jalanan di pasar karena mereka tidak mengenakan seragam.

Pada 2 Desember lalu, Presiden Evo Morales menyarankan agar tentara dan petugas keamanan yang mengabaikan kebugaran tubuh mereka tidak mendapatkan promosi dengan menegaskan bahwa selalu dalam keadaan bugar merupakan "tanggung jawab" bagi personel pasukan keamanan.

Tentara dan petugas kepolisian mengeluh karena kurangnya fasilitas untuk berolahraga sehingga pemerintah kini menyediakan peralatan olahraga di barak-barak dan kantor polisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com